Sinergi Antar DPRD Kabupaten/Kota di Sumatera Barat Ditingkatkan melalui Forum Persidangan

Sinergi Antar DPRD KabupatenKota di Sumatera Barat Ditingkatkan melalui Forum Persidangan

TOPSUMBAR – Dalam rangka meningkatkan sinergi antara DPRD kabupaten/kota di Sumatera Barat, Kepala Bagian Persidangan dan Perundang Undangan Sekretariat DPRD Sumbar, Zardi Syahrir, mengusulkan pembentukan forum bagian persidangan Sekretariat DPRD se-Sumatera Barat.

Usulan ini disampaikannya saat mengikuti acara silaturahmi dan konsultasi kegiatan kedewanan bersama Bagian Persidangan DPRD Kabupaten Padang Pariaman pada Selasa kemarin.

Menurutnya, pembentukan forum ini bertujuan untuk membangun sinergi dan kolaborasi antara bagian persidangan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Bacaan Lainnya

“Kita perlu membangun kerjasama yang lebih erat untuk melihat pelaksanaan aturan perundang-undangan dari sudut pandang yang sama. Hal ini guna memberikan fasilitasi kegiatan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Zardi juga menekankan pentingnya kejelasan dalam persiapan administrasi kegiatan kedewanan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan.

“Keterlibatan staf DPRD yang kompeten dalam memahami aturan menjadi kunci utama untuk menghindari temuan dan penilaian buruk terhadap kinerja,” tambahnya.

Muhammad Fahera, Fungsional Perisalah Legislatif Ahli Muda di Sekretariat DPRD Kabupaten Padang Pariaman, menyatakan bahwa pertanggungjawaban laporan kegiatan harus dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap.

“Dokumentasi menjadi bukti nyata bahwa kegiatan telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Ia juga menyambut baik usulan pembentukan forum persidangan antar-DPRD kabupaten/kota sebagai langkah positif dalam meningkatkan kinerja dan berbagi informasi.

“Dengan adanya forum ini, diharapkan terbangun koordinasi dan sinergi yang baik di antara kita semua,” ujarnya.

Dahrul Idris, Japung Humas, Publikasi, Protokol, dan Perpustakaan di Sekretariat DPRD Sumbar, menambahkan bahwa langkah awal pembentukan forum ini akan dimulai dengan pembentukan grup WhatsApp bagi para bagian persidangan dari seluruh DPRD kabupaten/kota di Sumatera Barat. .

“Koordinasi intensif akan dilakukan melalui grup WhatsApp ini sebagai langkah awal dalam memperkuat sinergi antar-DPRD se-Sumbar,” paparnya.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait