SDN 03 Kampung Jawa Gelar Ritual Tolak Bala, Lestarikan Budaya Solok pada Pembelajaran BSM

SDN 03 Kampung Jawa Gelar Ritual Tolak Bala, Lestarikan Budaya Solok pada Pembelajaran BSM (Foto: Endang Susilowati)

TOPSUMBAR – Kota Solok kembali menggelar tradisi atau upacara adat tulak bala (tolak bala) pada hari Sabtu, 27 April 2024.

Ritual ini digelar di tengah hamparan luas Sawah Solok oleh SDN 03 Kampung Jawa.

Kepala Sekolah, Aspit menjelaskan bahwa kegiatan yang dimulai dengan menyusuri saluran irigasi di hamparan Sawah Solok.

Bacaan Lainnya

Bertujuan untuk melestarikan budaya di Kota Solok, melaksanakan program budaya sekolah, serta pembelajaran BSM (Budaya dan Sastra Minangkabau).

“Dulu ritual tulak bala dilaksanakan setiap musim tanam ketika padi berumur satu pekan. Tujuannya agar tanaman padi bisa tumbuh subur dan terhindar dari hama yang bisa merusak tanaman, seperti tikus dan wereng. Hasil panen yang melimpah pun menjadi harapan digelarnya ritual ini,” terangnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra yang diwakili oleh Camat Lubuk Sikarah Elsye Desilina.

“Areal persawahan di Kota Solok ini telah ditetapkan sebagai agrowisata andalan Kota Solok. Untuk mendukung hal ini, berbagai fasilitas, seperti gazebo, telah dipasang untuk lebih memanjakan pengunjung,” ucap Elsye.

Sebanyak 287 orang peserta ritual tolak bala yang terdiri dari siswa, wali murid, majelis guru, dan masyarakat kompak memakai pakaian adat.

Kegiatan ini dimulai dengan berdoa dan zikir bersama di halaman SDN 03 Kampung Jawa dilanjutkan dengan berjalan menuju hamparan sawah Solok.

Para peserta berjalan bersama-sama membentuk barisan mengelilingi sawah. Mereka berjalan di pematang sawah sembari membaca tasbih (mengagungkan nama Allah) dan mengumandangkan shalawat nabi (Nabi Muhammad SAW).

Pada beberapa sudut sawah, mereka berhenti sejenak untuk memanjatkan doa yang dipimpin oleh seorang Tetua Adat.

Sesekali terdengar teriakan ”Huhuhuhuiuuuu… hahahahahaaaiiiii…” dari para peserta.

Ritual ini diakhiri dengan makan bersama di tengah sawah, dengan menyantap berbagai macam menu khas Solok.

Aspit mengucapkan terima kasih kepada wali murid yang telah mendukung kegiatan ritual tolak bala ini, seluruh majelis guru, serta semua pihak yang telah membantu jalannya kegiatan ini.

Sebagai pengamanan, Kapolres Solok Kota secara langsung menugaskan personel terbaiknya sat lantas Polres Solok Kota yang dikawal langsung oleh Kanit Dikyasa Ipda J Sidra Elfalah.

(GRA)

Pos terkait