Festival Lansek Manih VI Resmi Dibuka, Cek Jadwal dan Agendanya!

Festival Lansek Manih VI Resmi Dibuka, Cek Jadwal dan Agendanya!

TOPSUMBAR – Festival Lansek Manih (FLM) kembali diselenggarakan pada 18 hingga 20 April 2024.

Acara tahunan tersebut diresmikan oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir bersama Wakil Bupati Iraddatillah pada Kamis, 18 April 2024 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas, Muaro Sijunjung.

“Event tahunan ini, dilaksanakan bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten (HJK), karena bersamaan dengan agenda nasional Pemilu sehingga di undur,” ujar bupati.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut merupakan hasil dari kolaborasi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung dengan instansi terkait, mulai dari vertikal hingga daerah, BUMN dan BUMD.

Setelah sukses dengan FLM V tahun 2023 lalu, kali ini FLM VI mengusung tema, “Culture Diversity and Geoproduct UMKM/Ekraf Geopark Ranah Minang Silokek”.

Acara gratis dan terbuka untuk umum tersebut menyajikan berbagai kreativitas generasi milenial. Selain itu juga menampilkan aneka produk lokal yang tengah bergeliat, bahkan telah memasuki pasar ekspor hingga ke luar negeri.

Bagi pengunjung yang akan menyaksikan FLM VI, berikut jadwalnya disajikan.

Hari pertama, Kamis pagi, 18 April 2024 ada talkshow, “Pandangan Perantau Milenial Terhadap Perkembangan Pariwisata Geopark Silokek Kabupaten Sijunjung”.

Acara dilanjutkan pembukaan oleh bupati bersama Forkopimda serta pemutaran trailer film “Sumarak Lansek Manih”.

Film garapan Afrinal mengambil setting Geopark Silokek, dengan aktor utama adalah pelajar SDN 10 Sumpur Kudus.

Karya tersebut merupakan hasil kolaborasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung dengan studio kenamaan nasional.

“Pemain Sumarak Lansek Manih (murni) ditemukan oleh sutradaranya sendiri, yang dilakukan dengan seleksi melihat wajah dan karakter anak waktu itu,” ujar Kepala SDN 10 Sumpur Kudus Nurjasrianti kepada media.

Lebih lanjut ia menuturkan, “Lingkungan, terutama sekolah dan orang tua memberikan dukungan sepenuhnya atas bakat anak ini,” tambahnya.

“Orang tua dan sekolah bahkan merasa bangga dengan potensi yang dimiliki oleh anak-anak, yang sebelumnya belum tersalurkan dengan maksimal,” tutupnya.

SI BARISTA BANG KASIH, inovasi Disparpora juga dilaunching pada event di hari pertama tersebut.

Penampilan Tari Tanduak dari Nagari Lubuk Tarok, aksi Band Lanis dilanjutkan Randai Kreasi dari SMPN 19 Mundam Sakti menutup kegiatan di hari pertama.

Kemudian di Hari kedua, Jumat 19 April 2024 diisi dengan seni budaya bersama Sanggar Kalambu Suto dilanjutkan penampilan ekstrim “Kuda Kepang” dari Kecamatan Kamang Baru.

Sedangkan di Hari ketiga, Sabtu 20 April 2024 dilanjutkan dengan akuistik Tangga Merah, Sanggar Parmato Putiah, Sanggar Berlian Saiyo.

Kemudian penampilan dari Lanis Band, Silek Kapak dari Nagari Padang Laweh dan Lukah Gilo.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait