Dispusip Sijunjung Selenggarakan Bedah Film Rimbo Paru Dilingkuang Adat

Dispusip Sijunjung Selenggarakan Bedah Film Rimbo Paru Dilingkuang Adat

TOPSUMBAR – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sijunjung (Dispusip) menyelenggarakan bedah film dokumenter pada hari Minggu, 17 Maret 2024 di Muaro Sijunjung.

Film dokumenter “Rimbo Paru Dilingkuang Adat” karya Yethendra Bima Putra, yang baru saja dinobatkan menjadi juara nasional, menjadi tema kali ini.

Kabid Otimasi Layanan Perpustakaan Rika Nursanti, S.Pt, MM bersama Yethendra Bima Putra dan Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Silokek Ridwan, S.Hut hadir sebagai narasumber yang dipandu Handriawan, S.Hut selaku Founder Komunitas Sijunjung Muda Berkarya.

Bacaan Lainnya

Film yang telah memenangkan kompetisi video lingkungan tersebut, sekaligus antitesis terhadap maraknya deforestasi yang kian marak.

“Melalui film ini, kita bisa belajar tentang bagaimana menjaga hutan yang dilingdungi dengan hukum adat,” ujar Igove, seorang peserta.

“Kolaborasi antara pemerintah dengan komunitas ini sekaligus bisa mempersatukan kita dan kedepan lebih digiatkan lagi hendaknya,” tutur Igove yang juga peraih juara satu Pemuda Pelopor tingkat nasional tahun 2023.

Yethendra Bima Putra, sang sutradara sekaligus juru kamera film dokumenter itu, sehari-hari juga dikenal sebagai jurnalis sumbarsatu.com yang meliput di Kabupaten Sijunjung.

Pada kesempatan itu, Ridwan, juga menyerahkan kaos Geopark Silokek kepada Yethendra Bima Putra sebagai bentuk apresiasi atas prestasi nasionalnya.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait