Pemkab Agam Gelar Bimtek Sistem Pengendalian Intern selama Dua Hari, Fokus Tingkatkan Pengelolaan Pemerintahan

Pemkab Agam Gelar Bimtek Sistem Pengendalian Intern selama Dua Hari, Fokus Tingkatkan Pengelolaan Pemerintahan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan selama dua hari.

Bimtek tersebut dalam rangka untuk meningkatkan pengelolaan pemerintahan yang lebih akuntabel, efektif, dan efisien yang berlangsung pada tanggal 26-27 Maret 2024 di Aula Bappeda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti mewakili Bupati Agam, menyampaikan bahwa implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) adalah kunci keberhasilan pembangunan secara menyeluruh.

Bacaan Lainnya

Ia menyatakan komitmen Kabupaten Agam untuk terus mengembangkan kebijakan strategis guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bimtek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan nilai dan level SPIP Kabupaten Agam menuju point 5,” ujarnya.

Para peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan dapat mengikuti bimtek ini dengan serius. Serta dapat mengimplementasikan materi yang diperoleh untuk meningkatkan pengelolaan SPIP.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Agam, Rahmad Lasmono, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan amanat regulasi terkait. Tujuan utamanya ialah untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pengendalian intern pemerintah.

“Penerapan manajemen risiko dan pengendalian intern menjadi fokus utama, terutama dalam proses perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan program kegiatan,” ungkapnya.

Bimtek tersebut melibatkan 28 fungsional perencana dari seluruh OPD kabupaten, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Agam, serta perencana dari BAPPEDA.

Sedangkan Narasumber pada kegiatan tersebut berasal dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Sumatera Barat, Dola Indrayani Putri dan Rengga Anjelia.

“Melalui bimtek ini, diharapkan SPIP Kabupaten Agam dapat meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan daerah,” tambah Rahmad.

Dalam kesempatan tersebut, ia berharap adanya komitmen dalam mengimplementasikan materi yang diperoleh untuk mencapai peningkatan pengelolaan SPIP.

“Dengan Kerja sama yang baik dari seluruh organisasi perangkat daerah diharapkan dapat mengimplementasikan materi yang diperoleh. Hal ini demi tercapainya tujuan pembangunan daerah yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait