Pemimpin Bukittinggi, Erman Safar Telah Menggelar Serangkaian Program untuk Kesejahteraan Masyarakat

Pemimpin Bukittinggi, Erman Safar Telah Menggelar Serangkaian Program untuk Kesejahteraan Masyarakat

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan Wali kota Erman Safar, telah meluncurkan serangkaian program di tahun politik 2024.

Dalam rentang waktu dua tahun terakhir, berbagai program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah dijalankan.

Pada periode awal kepemimpinannya, Erman Safar berhasil menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2025.

Bacaan Lainnya

Visi “Menciptakan Bukittinggi Hebat Berlandaskan ABS-SBK” ditetapkan dengan 7 misi utama, meliputi peningkatan ekonomi kerakyatan, pendidikan, kesehatan, pariwisata, tata kelola pemerintahan, sosial kemasyarakatan, dan sektor pertanian.

Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, Erman Safar fokus pada alokasi anggaran untuk kesejahteraan masyarakat.

Program Kesejahteraan
Program kesehatan mencakup bantuan iuran BPJS bagi warga miskin, sementara di sektor pendidikan, bantuan iuran komite sekolah dan peningkatan honor guru honorer telah dilakukan.

Setiap tahunnya Pemko Bukittinggi dianggarkan sebesar Rp 9 Miliar untuk membayar jaminan kesehatan warga yang kurang mampu. Kemudian pada tahun 2023, sebanyak 95% warga telah memiliki jaminan kesehatan.

Kemudian, bagi warga kurang mampu yang bekerja secara mandiri dan beresiko tinggi diberi jaminan sosial tenaga kerja. Terdapat 2.918 warga dapat terbantu dengan jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Iuran Komite Sekolah dan Guru Honorer
Pada sektor pendidikan, Erman Safar mempunyai terobosan berupa iuran komite sekolah tingkat SLTA Negeri maupun Swasta.

Sebanyak 5.097 siswa SMAN/SMKN maupun SLBN dibayarkan uang iuran oleh Pemko Bukittinggi di setiap bulannya. Sedangkan untuk tingkat swasta diberikan bantuan hibah kepada 698 siswa untuk membayar iuran komite setiap bulannya.

Sedangkan untuk guru honorer di tingkat SLTA Negeri mendapat tambahan honor kepada 98 orang guru honorer setiap bulannya. Guru honorer SLTA Swasta mendapat tambahan honor bulanan dalam bentuk hibah.

Prgram Ekonomi Sosial
Terobosan ekonomi seperti program Tabungan Utsman telah dilaksanakan. Melalui program ini, Pemko telah menanggung secara penuh beban jasa pinjaman modal usaha para peserta tabungan utsman. Selain itu, terdapat juga bantuan Warung Utsman dengan memberikan kartu belanja gratis pada warung yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, pembangunan pusat kuliner di lahan eks. Stasiun Kereta Api, yang diberi nama Stasiun Lambuang, juga telah dilaksanakan. Stasiun Lambuang menjadi pusat kuliner terbesar di Sumatera Barat dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bukittinggi.

Tahun Politik
Dalam konteks politik, Erman Safar yang dikenal sebagai ‘Bang Wako’ telah mengumpulkan berbagai prestasi yang dapat menjadi modal politiknya dalam Pilkada 2024.

Program-program yang berhasil dijalankan diharapkan dapat menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilihnya kembali sebagai Wali kota Bukittinggi untuk periode kedua.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait