LPSI-Ruminansia Kecil Serahkan Bantuan Kambing Boerka di Nagari Pematang Panjang Sijunjung

LPSI-Ruminansia Kecil Serahkan Bantuan Kambing Boerka di Nagari Pematang Panjang Sijunjung

TOPSUMBAR – Kepala Loka Pengujian Standar Instrumen Ruminansia Kecil (LPSI-Ruminansia Kecil) Sei Putih Dr. Ir. Fera Mahmilia, MP menyerahkan bantuan kambing Boerka di Nagari Pematang Panjang, Sijunjung pada Jumat, 1 Maret 2024.

Bantuan itu diterima oleh Kelompoktani Karya Basamo dan disaksikan Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt bersama anggota DPRD Desriwan, SE, Akt.

“Mohon dipelihara ternak kambing ini dengan baik, perhatikan pakannya, penyuluh agar tetap mendampingi, tetap berkoordinasi dengan baik dan bisa dijadikan percontohan hendaknya,” ujar Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt memberikan arahan.

Bacaan Lainnya

Sementara, Kepala LPSI-Ruminansia Kecil Sei Putih Dr. Ir. Fera Mahmilia, MP dalam sambutannya menyampaikan, “Jadikan ini titik awal untuk pengembangan, karena Boerka adalah jenis kambing unggulan dan tidak semua daerah mendapatkannya”.

Di Sumatera Barat, hanya tiga daerah yang berhasil memperoleh bantuan Boerka, yaitu Kabupaten 50 Kota, Tanah Datar serta Sijunjung.

Di Sijunjung, kambing itu dikembangkan di Nagari Pematang Panjang (Kecamatan Sijunjung) dan Nagari Koto Baru (Kecamatan IV Nagari).

Boerka adalah kambing unggul yang bobotnya bisa mencapai 45 kg setelah berumur lima hingga enam bulan.

Boerka yaitu akronim, persilangan antara jenis Boer (jantan) dengan Kacang atau lokal (betina).

Saat penyerahan bantuan tersebut, turut hadir kepala UPTD-MSPP Sumbar, kepala Dinas Pertanian, kepala Dinas Pangan dan Perikanan, kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik.

Hadir juga, Sekretaris Dinas Perdagangan Perindustrian Perkoperasian dan Industri Kecil Menengah, camat Sijunjung, camat IV Nagari serta pejabat terkait bersama penyuluh dan anggota kelompoktani.

Setelah acara serahterima bantuan masing-masing 5 ekor kambing per kelompoktani, acara dilanjutkan dengan makan durian bersama dan peninjauan lapangan.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait