Monitoring dan Evaluasi Program Pencegahan Penyakit Menular di Kota Solok

Monitoring dan Evaluasi Program Pencegahan Penyakit Menular di Kota Solok

TOPSUMBAR – Dinkes Kota Solok melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi program di berbagai sektor.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kota Solok pada Senin 5 Februari 2024.

Peserta monev melibatkan Kepala Puskesmas, PJ Program Imunisasi, Surveilans, TB, HIV, Diare, ISPA, dan Rabies di Kota Solok.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang P2P, dr. Hiddayaturrahmi, M.Kes, membuka kegiatan monev dengan didampingi oleh Sub Koordinator P2PM, Surveilans, dan Imunisasi, Siska Primasari, SKM.

Tujuan dari monev ini adalah untuk mengevaluasi strategi terbaik dari masing-masing PJ di Puskesmas, melihat kemajuan dari tim masing-masing PJ, dan mengidentifikasi tantangan serta masalah dalam mencapai tujuan program.

“Tindak lanjut di Puskesmas, termasuk komitmen dan konsistensi pimpinan, esensial untuk mencapai tujuan program imunisasi dengan efektif. Peningkatan kapasitas pelaksana imunisasi, koordinasi lintas program dan sektor, serta optimalisasi ASIK menjadi fokus dalam mencapai tujuan program,” ujarnya.

Diskusi dalam kegiatan monev difokuskan pada kendala dan hambatan yang dihadapi selama menjalankan program.

Setiap PJ program Dinas Kesehatan Kota Solok menyampaikan capaian program tahun 2023 dan target kinerja untuk tahun 2024.

Kegiatan monitoring ini lebih terfokus pada aktivitas yang sedang berlangsung.

Kemudian, menggali informasi secara berkala untuk menilai kesesuaian dengan perencanaan dan prosedur yang telah disepakati.

Indikator monitoring mencakup esensi aktivitas dan target yang telah ditetapkan dalam perencanaan program.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait