Meningkatkan Kesadaran Kesehatan, Pelatihan Senam Jantung Sehat untuk Guru dan Siswa SD

Meningkatkan Kesadaran Kesehatan, Pelatihan Senam Jantung Sehat untuk Guru dan Siswa SD

TOPSUMBAR – Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Senam Jantung Sehat bagi guru dan siswa tingkat SD/MI se-Kota Solok.

Kegiatan berlangsung di Gedung SKB pada Sabtu, 24 Februari 2024. Inisiatif ini dilakukan oleh Klub Jantung Sehat (KJS) Kota Solok sebagai bentuk peningkatan kesadaran terhadap kesehatan jantung di kalangan pelajar sejak dini.

Dalam sambutannya, Wawako Ramadhani menekankan pentingnya menjaga kesehatan jantung sebagai prioritas utama dalam kehidupan.

Bacaan Lainnya

Jantung adalah organ utama tubuh yang memerlukan perhatian khusus melalui perilaku hidup sehat, salah satunya melalui senam secara rutin.

“Jantung merupakan organ vital yang memompa darah dan oksigen dalam tubuh. Gangguan pada jantung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan,” jelas Wawako.

Menurutnya, gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya aktivitas fisik dan kurang asupan makanan, dapat memicu penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung.

Meskipun penyakit jantung merupakan risiko serius, banyak orang masih kurang menyadari dampaknya karena kurangnya edukasi.

Ia menekankan perlunya sosialisasi yang masif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di kalangan pelajar.

“Dengan Pelatihan Senam Jantung Sehat ini, kami berharap masyarakat, terutama pelajar, dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Program ini sejalan dengan upaya pencegahan yang harus terus dilakukan, termasuk melalui senam jantung sehat,” harap Wawako.

Senam jantung memiliki tujuan meningkatkan fungsi jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan aliran oksigen ke dalam tubuh.

Harapannya, program ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung masyarakat, terutama generasi muda, untuk menciptakan gaya hidup yang lebih sehat.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait