Membangun Sekolah Peduli Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Sosialisasikan PBLHS di SMPN 2

Membangun Sekolah Peduli Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Sosialisasikan PBLHS di SMPN 2

TOPSUMBAR – DLH Kota Solok mengadakan pembinaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) Adiwiyata Provinsi tahun 2024.

Kegiatan tersebut diadakan di SMPN 2 Kota Solok pada Jumat, 2 Februari 2024.

Pembinaan ini melibatkan narasumber utama, Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Agus Susanto, SH.

Bacaan Lainnya

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sub Koordinator Kegiatan Pembinaan dan Informasi Lingkungan, Nelly Amrianis, SP, beserta staf bidang.

Agus Susanto menjelaskan bahwa sosialisasi ini di laksanakan berdasarkan Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 52 Tahun 2019 mengenai Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

Selain itu, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 53 Tahun 2009 tentang penghargaan Adiwiyata.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

Beberapa aspek dari gerakan ini mencakup perilaku ramah lingkungan hidup, inovasi terkait pengelolaan lingkungan, penghematan energi dan air.

Selanjutnya, menjaga kebersihan, pengelolaan sampah dengan prinsip 3R, serta penanaman dan pemeliharaan pohon atau tanaman.

Pembinaan ini juga bertujuan untuk membimbing calon sekolah Adiwiyata Provinsi.

Kriteria untuk menjadi sekolah Adiwiyata Provinsi adalah minimal 12 bulan setelah mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten/kota (untuk SD/SMP) dan minimal 24 bulan telah menjalankan Gerakan PBLHS (untuk SMA).

Tahapan seleksi melibatkan seleksi administrasi, pemeriksaan kelengkapan dokumen, dan verifikasi lapangan.

Agus berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi pendekatan yang ramah lingkungan.

“Sampah yang berceceran diupayakan di kelola oleh anak-anak dan menjadi nilai plus di sekolah,” tambah Agus.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait