DPPKB Luncurkan Program Sekolah Siaga Kependudukan, Guru SMP dan SMA di Kota Solok Terlibat Aktif

DPPKB Luncurkan Program Sekolah Siaga Kependudukan, Guru SMP dan SMA di Kota Solok Terlibat Aktif

TOPSUMBAR – DPPKB Kota Solok luncurkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) untuk kalangan pelajar bisa memahami isu kependudukan.

Program ini diresmikan oleh Kepala DPPKB, Ardinal, MKM, dan dihadiri oleh 20 kepala sekolah dan guru SMP serta SMA di Kota Solok, Selasa 6 Februari 2024.

SSK adalah sekolah yang menyelaraskan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengadaan kurikulum.

Bacaan Lainnya

Ardinal menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan peran guru dalam mengatasi dan mengantisipasi masalah kependudukan di Indonesia.

Narasumber dari BKKBN Sumatera Barat, Teddy Arlan, S.Sos, dan Kepala Sekolah Percontohan SSK SMPN 24 Kota Padang, Hasyuni Harti, M.Pd, turut memberikan pemahaman mendalam tentang SSK.

Mereka menekankan pentingnya integrasi pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam kurikulum sekolah.

Hal ini bertujuan untuk membentuk generasi yang berencana dan berkualitas.

Hasyuni Harti juga mencatat bahwa di SMPN 24 Kota Padang, 10 siswa telah dipilih sebagai duta SSK.

Mereka giat membuka wadah diskusi tentang kependudukan, mengajak siswa lain berpartisipasi untuk memahami kondisi kependudukan saat ini.

Program SSK diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelajar untuk memahami permasalahan kependudukan secara lebih baik.

Diharapkan dapat mengurangi angka putus sekolah dan membentuk generasi muda yang berencana dan berkualitas.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait