Dinas Pangan Kota Solok Dorong Diversifikasi Pangan di Pekarangan

Dinas Pangan Kota Solok Dorong Diversifikasi Pangan di Pekarangan

TOPSUMBAR – Dinas Pangan Kota Solok menggelar gotong royong penanaman tanaman sayur-sayuran di pekarangan kantor.

Ini dilakukan sebagai upaya memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan pekarangan.

Langkah diversifikasi pangan ini diambil sebagai respon terhadap kenaikan harga cabe merah yang signifikan di pasaran saat ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pangan, Ade Kurniati, S.Pt, menjelaskan, “Melalui kegiatan gotong royong ini, kami menanam berbagai jenis tanaman,” ujarnya Jumat 23 Februari 2024.

“Kami menanam cabe merah, terong, tomat, seledri, serta tanaman obat seperti kunyit, jahe, dan kumis kucing,” ucapnya.

“Selain itu, tanaman buah seperti mangga, jambu, lengkeng, dan jeruk juga turut di tanam. Semua ini diharapkan menjadi contoh bagi pegawai dan masyarakat sekitar dalam memanfaatkan pekarangan,’ tambahnya.

Ade Kurniati menekankan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Ia mengajak pegawai Dinas Pangan untuk menanam cabe di rumah masing-masing sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan inflasi.

Perawatan tanaman dilakukan secara gotong royong setiap sebulan sekali.

Sementara perawatan harian akan dilakukan oleh pegawai secara bergantian.

Langkah ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi kesehatan dan ekonomi keluarga, tetapi juga sebagai kontribusi dalam pengendalian harga pangan di pasaran.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait