Dinas Kesehatan Kota Solok Lakukan Pembinaan serta Pengawasan Tempat Pengolahan Pangan Depot Air Minum Isi Ulang dan Pabrik Tahu

Dinas Kesehatan Kota Solok Lakukan Pembinaan serta Pengawasan Tempat Pengolahan Pangan Depot Air Minum Isi Ulang dan Pabrik Tahu

TOPSUMBAR – Dinas Kesehatan Kota Solok gencar melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tempat pengolahan pangan, khususnya Depot Air Minum Isi Ulang dan Pabrik Tahu.

Tim pengawas terdiri dari berbagai instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan Kota Solok, Dinas Perdagangan, Koperasi, & UKM Kota Solok, Dinas PMPTSP Kota Solok, serta Satpol PP Kota Solok.

Despa Wildawati, MKM, Seksi Kesling KesjaOR Dinas Kesehatan Kota Solok, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan selama tiga hari di beberapa wilayah Puskesmas Kota Solok.

Bacaan Lainnya

Pengawasan dilakukan di wilayah kerja Puskesmas KTK, Tanah Garam, dan Tanjung Paku pada tanggal 31 Januari, 1 Februari, dan 2 Februari 2024.

Despa menekankan pentingnya pengawasan ini untuk mencegah penyakit menular, terutama dalam hal pengawasan terhadap depot air minum dan pabrik tahu.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memastikan air yang dikonsumsi oleh masyarakat memenuhi syarat kesehatan dan melindungi masyarakat dari penyakit yang dapat disebabkan oleh air atau makanan yang tidak memenuhi syarat kesehatan.

Keberadaan depot air minum isi ulang yang semakin menjamur mewajibkan instansi terkait untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pembinaan.

Ditemukan bahwa beberapa pelaku usaha sering melalaikan kewajiban mereka, terutama terkait uji rutin terhadap air minum dan air baku.

Pemerintah berkomitmen untuk melakukan pengawasan guna memastikan kualitas air minum yang bersih dan memenuhi standar kesehatan.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait