Badan Geologi Kementerian ESDM Kagumi ‘Batuan Konglomerat’ Ngalau Batawik

Badan Geologi Kementerian ESDM Kagumi 'Batuan Konglomerat' Ngalau Batawik

TOPSUMBAR – Tim dari Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengagumi keindahan Ngalau Batawik di Nagari Padang Laweh pada Sabtu 24 Februai 2024.

“Bentang alam yang indah, gugusan bukit-bukit dengan jenis batuan konglomerat yang menjadi tanda jejak sungai purba,” ungkap tim kepada Ketua Harian BP Geopark Silokek Ridwan.

Hari ini adalah untuk kesekian harinya tim tersebut mengunjungi sumber-sumber geologi yang terdapat di berbagai nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Bacaan Lainnya

“Batuannya berbeda dengan yang ada di Nagari Silokek, sehingga akan memperkaya keragaman geologi dikawasan Geopark Ranah Minang Silokek,” lanjutnya.

Kekayaan geologi yang dimiliki Sijunjung ternyata banyak manfaatnya, baik untuk wisata alam maupun penelitian.

Selama berada di Sijunjung, lima orang personil dari Badan Geologi, Kementerian ESDM akan meninjau kekayaan geologi dalam rangka kelayakan menjadi Kawasan Cagar Alam Geologi (KCAG).

Tim selama 20 hari melakukan survei lokasi keragaman geologi di kawasan Geopark Silokek untuk ditetapkan sebagai KCAG.

Ini adalah bentuk upaya dari Pemda bersama Badan Pengelola Geopark Silokek dalam menjaga dan melestarikan potensi geologi yang bertaraf internasional.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait