Pj Wali Kota Payakumbuh Ingatkan DLH dan Warga, Perhatikan Pohon di Sekitar, Hindari Potensi Bahaya

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman, telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan kelurahan untuk secara aktif memantau kondisi pohon yang sudah tua dan mati, yang dapat berpotensi tumbang dan menimbulkan bahaya.

Instruksi ini diberikan setelah Jasman meninjau langsung lokasi pohon tumbang di Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, pada Kamis 11 Januari 2024.

Kepala BPBD, Erizon, dan Lurah Payobasung, Suci Ariny Heqi, turut hadir dalam peninjauan tersebut.

Bacaan Lainnya

Kejadian pohon tumbang terjadi pada dini hari Kamis 11 Januari 2024 sekitar pukul 02.00 WIB, merusak dua rumah warga dan satu kendaraan roda empat.

Jasman menekankan pentingnya tindakan antisipatif dari pemerintah daerah terhadap potensi pohon tumbang, terutama dalam kondisi cuaca buruk.

Jasman mengajak masyarakat untuk turut memperhatikan kondisi pohon di sekitar rumah masing-masing. Jika ada potensi pohon tumbang, disarankan untuk segera menebangnya.

Pohon yang berada di tepi jalan yang berpotensi tumbang dapat dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Pj Wali Kota Jasman berharap agar kejadian serupa tidak terulang di Kota Payakumbuh. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPBD Payakumbuh dan masyarakat yang telah bekerja sama membantu keluarga yang terdampak.

Lurah Payobasung, Suci Ariny Heqi, menyatakan bahwa bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak berupa sembako.

Ia berkomitmen untuk memantau langsung pohon yang berpotensi tumbang sesuai arahan dari Pj Wali Kota.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait