Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Salurkan Bantuan dan Diskusi Intensif di Pasaman

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, turun langsung memberikan bantuan logistik kepada warga Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, yang terdampak bencana banjir dan longsor beberapa hari yang lalu.

Selain itu, Gubernur juga aktif terlibat dalam diskusi intensif dengan warga untuk membahas upaya-upaya pengembangan daerah tersebut.

Dalam kunjungannya di SMAN Mapat Tunggul Selatan pada Kamis 4 Januari 2024, Gubernur Mahyeldi menyampaikan, “Saya turun langsung meninjau ke lapangan yang terkena dampak bencana banjir dan longsor, mencakup lebih dari 10 titik lokasi. Bencana ini berdampak langsung pada kehidupan sehari-hari warga.”

Bacaan Lainnya

Gubernur menyebutkan bahwa bantuan logistik yang disalurkan langsung kepada warga mencakup bantuan senilai Rp39 juta lebih dari Dinas Sosial (Dinsos) Sumbar, serta bantuan beras sebanyak 2.444 kilogram.

Selain itu, Gubernur juga membawa dan menyalurkan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Dinas Kesehatan, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Bencana ini disebabkan oleh curah hujan tinggi dalam beberapa pekan terakhir di Sumbar. Selain itu, saya juga melihat adanya indikasi penebangan hutan yang turut menyebabkan bencana di Silayang dan Muaro Sungai Lolo,” tambah Gubernur.

Menurut keterangan Plt. Kepala Dinsos Sumbar, Arry Yuswandi, bantuan logistik yang diserahkan mencakup paket makanan siap saji, makanan anak, selimut, kasur, family kit, paket sandang, gula, susu, teh, dan beras.

Selain memberikan bantuan, Gubernur juga terlibat dalam diskusi intensif dengan warga mengenai upaya-upaya pembangunan di daerah tersebut.

Gubernur menyoroti pentingnya pendidikan dan ketersediaan air bersih sebagai kunci utama dalam sektor kesehatan.

“Pendidikan harus tetap menjadi fokus utama. Program penyediaan air bersih di dua nagari tersebut juga harus menjadi prioritas Pemkab Pasaman tahun ini,” ujar Gubernur, sambil mengapresiasi komitmen Bupati Pasaman, Sabar AS.

Gubernur juga menyinggung pengembangan infrastruktur jalan dan pasar yang dapat meningkatkan perekonomian warga Silayang dan Muaro Sungai Lolo, terutama dalam kaitannya dengan kedekatan wilayah tersebut dengan Rokan Hulu Provinsi Riau.

“Dalam kunjungan ini, kami juga meminta Bapak Bupati untuk menyusun perencanaan yang matang terkait pengembangan ini,” tutup Gubernur.

Gubernur didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi Pemprov Sumbar, termasuk Kepala Bappeda Sumbar, Kalaksa BPBD Sumbar, Kepala Dinkes, Kepala Dishut, Kepala Disdik, Kepala Dinas BMCKTR, Kepala Biro Adpim, Kepala DPMD, dan sejumlah pejabat eselon III dari Dinsos, Dinkes, Dinas Pangan, Dinkop UMKM, BPBD, Disdik, dan Dishut Sumbar.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait