Gemilang Festival Jam Gadang, Suksesnya RME dalam Membangkitkan Seni Minangkabau

TOPSUMBAR – Ranah Minang Entertainment (RME) Bukittinggi, Sumatera Barat, sukses menyelenggarakan Festival Jam Gadang dengan kategori Lagu Minang, Dangdut, dan Pop Indonesia.

Acara berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 13-15 Januari 2024, dan diikuti oleh 100 peserta dari Jambi, Riau, dan Sumatera Barat.

Pembukaan acara dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili oleh Kadis Pariwisata Luhur Budianda, pada Sabtu, 12 Januari 2024.

Bacaan Lainnya

Erdison Nimli, Pembina RME dan anggota DPRD Kota Bukittinggi, atau yang akrab disapa Uncu, mengungkapkan apresiasi terhadap animo masyarakat terhadap acara ini, meskipun ini merupakan kali pertama diadakannya.

Peserta tidak hanya berasal dari Sumatera Barat, tetapi juga dari Dumai dan Dhamasraya.

Uncu, seorang politisi fraksi Demokrat, juga menyoroti bahwa RME tidak hanya menjadi wadah festival semata, melainkan sebelumnya juga aktif dalam penggalangan dana untuk Palestina.

Sebanyak 150 juta berhasil terkumpul dan disalurkan melalui Asar Community untuk membantu saudara-saudara di Palestina.

Harapannya, kesuksesan acara ini dapat menjadikannya sebagai agenda tahunan untuk mempertahankan dan mengembangkan seni budaya lagu-lagu Minang.

Pendapat serupa disampaikan oleh Budi, Ketua Panitia Pelaksana. Festival ini dihelat untuk merangkul jiwa seni para seniman Sumatera Barat, terutama di Bukittinggi, guna mengembangkan bakat dan jiwa seni mereka.

Lomba ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu lagu Minang, Pop Indonesia, dan Dangdut, dan sengaja dibuka untuk umum tanpa batasan usia.

Budi menambahkan bahwa lomba lagu Minang diikuti oleh 108 peserta dari dalam dan luar Provinsi Sumatera Barat, dengan pemenang untuk setiap kategori.

Juara 1 tidak hanya berhak mendapatkan tropi dan tabanas, tetapi juga mendapat kesempatan untuk masuk dapur rekaman.

Dengan kesuksesan acara ini, diharapkan Festival Jam Gadang dapat menjadi agenda tahunan yang tetap diadakan, sehingga seni budaya lagu-lagu Minang terus dikenang dan berkembang di kalangan generasi muda Minangkabau.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait