BPP Kecamatan IV Nagari Pasang Poster UBI

TOPSUMBAR – BPP Kecamatan IV Nagari melakukan pemasangan poster Udara Bersih Indonesia (UBI) pada Senin 22 Janauri 2024 di halaman SDN 04 Mundam Sakti, Sijunjung.

“Pemasangan poster bertujuan agar tidak ada lagi pembakaran di lahan pertanian,” ujar koordinator BPP Adpi Gunawan.

Selama ini banyak sekali ditemui pembakaran jerami di lahan sawah, kemudian pembakaran kayu, dahan, ranting dan dedaunan di ladang milik masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Pembakaran telah menimbulkan pencemaran udara, menipisnya lapisan ozon serta menyebabkan kerugian karena hilangnya unsur hara maupun nutrisi pada tanah,” terang koordinator BPP.

Tak hanya di lingkungan sekolah, pemasangan poster juga akan dilakukan pada lingkungan perkantoran, rumah ibadah dan fasilitas kesehatan milik nagari.

“Tahun kemarin, kita juga telah membuat demonstrasi plot diiringan Sekolah Lapangan (SL) budidaya tanaman padi menggunakan metode Mulsa Tanpa Olah Tanah (MTOT) dengan peserta 20 orang,” koordinator menambahkan.

“Dengan perlakuan, sawah tidak dibajak, jerami tidak dibakar tetapi dijadikan mulsa maka biayanya lebih murah dan hasilnya juga bagus,” imbuhnya.

“Kenapa poster UBI dipasang di sekolah,? karena anak-anak sekolah adalah korban pencemaran udara yang terjadi ulah pembakaran yang kita lakukan selama ini,” tutup koordinator.

Saat pemasangan poster itu, koordinator BPP didampingi Kepala SDN 04 Mundam Sakti Rokayah, S.Pd, peserta SL dan disaksikan murid sekolah.

Disamping Proses Belajar Mengajar (PBM), aktivitas disekolah tersebut juga melaksanakan percontohan tanaman Pisang Ameh Pasaman pada lahan milik sekolah.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait