Srikandi 2024, Transformasi Kearsipan dan Pengelolaan Berkas di Kabupaten Pessel

TOPSUMBAR – Pada awal tahun 2024, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) berhasil menerapkan aplikasi Srikandi di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mempermudah pengurusan berkas penting dan pengelolaan arsip.

Keberhasilan implementasi ini dicapai mulai 1 Januari 2024 setelah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pessel menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi administrator di setiap OPD.

Pada Senin 4 Desember 2023 di Painan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pessel, Yandes Amrinal, mengumumkan prestasi ini.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sejak tanggal tersebut, semua OPD di daerah tersebut wajib menggunakan aplikasi Srikandi untuk pengelolaan berkas penting dan penyimpanan arsip.

Implementasi ini sukses berkat Bimtek yang telah dilaksanakan pada minggu terakhir bulan November sebelumnya.

“Perlu saya sampaikan bahwa mulai 1 Januari 2024, seluruh OPD di daerah ini sudah menerapkan aplikasi Srikandi dalam pengurusan berkas-berkas penting serta penyimpanan arsip. Kami telah menyelenggarakan Bimtek bagi para admin di setiap OPD pada minggu terakhir bulan November lalu,” jelas Yandes.

Dalam Bimtek tersebut, setiap OPD mengirimkan 3 orang peserta sebagai admin aplikasi Srikandi. Acara ini dilaksanakan di Hotel Triza Painan dan melibatkan narasumber yang kompeten di bidangnya, termasuk Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pessel sendiri.

Yandes menjelaskan bahwa Bimtek dilaksanakan selama 2 hari, dimulai dengan pembuatan akun admin Srikandi dan diikuti dengan pengaplikasian Srikandi yang didampingi oleh Dinas Kominfo Pesisir Selatan. Dinas Kominfo memegang peran teknis dalam implementasi aplikasi Srikandi.

Kebijakan implementasi Srikandi oleh Pemkab Pessel bertujuan untuk mempermudah pekerjaan di setiap OPD dan menjaga keamanan arsip.

Seluruh proses Bimtek dilakukan secara transparan dan melibatkan pihak yang kompeten untuk memastikan kesuksesan penerapan aplikasi ini.

(019)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait