Pemprov Sumbar dan Forsgi Gelar Turnamen Sepakbola, Menggali Potensi Generasi Muda

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Forum Sepakbola Generasi Indonesia (Forsgi) menggelar Festival Forsgi, sebuah turnamen sepakbola yang berlangsung pada Selasa 26 Desember 2023 di GOR H. Agus Salim.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, dengan tegas menyatakan bahwa turnamen ini menjadi langkah nyata dalam mendukung pengembangan bakat-bakat muda sepakbola sejak usia dini.

“Pemprov Sumbar terus berkomitmen secara intensif dan strategis dalam mendukung pembinaan atlet sepakbola sejak usia dini. Kerjasama dengan Forsgi, yang merupakan inisiatif dari Komunitas Alumni Pesepakbola Nasional, menjadi bagian integral dari upaya tersebut,” ungkap Gubernur ketika membuka turnamen yang memperebutkan Piala Gubernur Sumbar.

Bacaan Lainnya

Gubernur menegaskan bahwa turnamen ini adalah bukti konkret dari kemitraan strategis antara Pemprov Sumbar dan Forsgi dalam merancang program pembinaan atlet sepakbola sejak usia dini.

Harapannya, melalui turnamen ini, bakat-bakat sepakbola dari Sumbar dapat berkembang dan bersaing di tingkat nasional hingga global.

“Keberadaan Forsgi diharapkan mampu memberikan dorongan positif bagi perkembangan sepakbola generasi muda di Sumbar. Kegiatan ini sejalan dengan program Pemprov Sumbar melalui Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumbar, yang secara berkelanjutan membimbing dan melatih generasi muda Sumbar menjadi atlet terbaik,” tambahnya.

Gubernur Mahyeldi juga menyampaikan bahwa saat ini, tiga atlet muda sepakbola yang merupakan siswa PPLP Sumatera Barat, tengah menjalani program pelatihan intensif di Qatar.

Ini menjadi bukti nyata dari komitmen kuat Pemprov Sumbar dalam menciptakan bibit-bibit unggul yang mampu meraih prestasi di tingkat internasional di masa depan.

Sementara itu, Ketua Umum Forsgi, Agus Rianto, menjelaskan bahwa forum tersebut rutin menggelar kompetisi di berbagai daerah di Indonesia.

Para pemantau bakat akan memilih para pemain terbaik untuk mendapatkan bimbingan dan pendidikan melalui metode boarding school di Jakarta.

“Semoga dari Sumbar kita dapat menemukan bakat-bakat terbaik di dunia sepakbola yang nantinya akan kami bina dan ikut serta dalam turnamen yang lebih besar di masa depan,” ujar Agus Rianto.

(adpsb/bsn)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait