Pemko Solok Raih Penghargaan Terbaik dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Solok meraih penghargaan terbaik kelima pada Penganugerahan Pemerintah Daerah Terbaik dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) se-Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Penghargaan tersebut langsung dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat.

Piagam penghargaan ini diserahkan langsung kepada Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, oleh Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Sugeng Arianto, di The Balcone Hotel & Resort Bukittinggi pada Rabu (6/12).

Bacaan Lainnya

Adel Wiratama, ST, M.CIO, Kabid Tata Kelola E-Government dan Statistik Dinas Kominfo Kota Solok, turut hadir mendampingi Wali Kota.

Penganugerahan ini merupakan wujud apresiasi dari BPS Sumatera Barat atas komitmen dan capaian Dinas Komunikasi dan Informatika serta Badan Pusat Statistik Kota Solok dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Kota Solok mendapatkan penghargaan terbaik kelima dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) sebesar 1.89 (Cukup). Posisi ini menggambarkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral yang handal di Kota Solok.

Peringkat terbaik lainnya adalah Pemerintah Kota Padang sebagai yang terbaik pertama dengan nilai 2.05 (Cukup).

Disusul oleh Pemerintah Kabupaten Agam (2.00 – Cukup) sebagai terbaik kedua, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (1.98 – Cukup) sebagai terbaik ketiga, dan Pemerintah Kota Bukittinggi (1.91 – Cukup) sebagai terbaik keempat.

EPSS diselenggarakan oleh BPS untuk mendukung sistem statistik nasional yang handal, efektif, dan efisien guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada setiap instansi pemerintah pusat dan daerah.

Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah untuk terus berkomitmen meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan statistik sektoral di Kota Solok.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih oleh Kota Solok.

Meski saat ini Kota Solok berada dalam lima besar, prestasi ini menjadi pencapaian yang membanggakan dengan indeks yang sudah mencapai kualitas penyelenggaraan statistik sektoral yang handal.

Wali Kota berjanji untuk terus meningkatkan kinerja sehingga prestasi yang diraih ke depan dapat meningkat menjadi indeks yang lebih baik. (gra)

Pos terkait