Pemkab Pessel Dukung KPU, Simulasi Pemilu 2024 untuk Peningkatan Kualitas Demokrasi

TOPSUMBAR – Secara resmi, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, diwakili oleh Asisten I Pemkab Pesisir Selatan, Gunawan, S.Sos, hadir dalam Simulasi dan Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Pesisir Selatan.

Acara ini diikuti oleh 121 peserta, terdiri dari PPK dan PPS dari dua kecamatan, yakni Kecamatan IV Jurai dan Bayang.

Kegiatan berlangsung di Gedung PCC, Pemkab Pessel, pada Rabu 27 Desember 2023, dengan dihadiri oleh Bawaslu Pessel, Forkopimda Pessel, dan Komisioner KPU Pessel.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Gunawan menyatakan pentingnya menjaga kejujuran dan profesionalisme dalam pelaksanaan Pemilu sebagai pesta demokrasi. Tujuannya adalah menciptakan mutu dan kualitas Pemilu 2024 yang lebih baik.

“Asisten I Pemkab Pessel menegaskan peserta simulasi Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 dapat mengikuti secara detail. Pemkab Pessel siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan KPU Pessel,” ujar Gunawan.

Dinamika politik di tanah air sudah dirasakan masyarakat, dan perbedaan pendapat dalam berpolitik perlu dihormati tanpa menimbulkan perpecahan.

Gunawan menekankan perlunya pemahaman setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 oleh petugas PPS dan PPK.

“Petugas PPS dan PPK harus memahami setiap tahapan dan menyelesaikan masalah di lapangan secara musyawarah untuk mencegah konflik,” tambahnya.

Gunawan juga menyoroti pentingnya memberikan edukasi kepada pemilih tentang penggunaan hak suara dalam Pemilu 2024. Simulasi ini dianggap krusial agar petugas PPS dan PPK dapat menghindari kesalahan dalam setiap tahapan Pemilu.

Ketua KPU Pessel, Aswandi, S.E, M. Si, menjelaskan bahwa tujuan dari simulasi ini adalah memastikan semua pihak terlibat dalam Pemilu memahami tata cara penghitungan suara secara utuh.

Peserta simulasi berasal dari dua kecamatan, Kecamatan Bayang dan Kecamatan IV Jurai, dengan total 121 orang PPS dan PPK.

“Kami berharap peserta PPK dan PPS dapat mengikuti simulasi ini secara utuh dan memahami setiap tahapan proses Pemilu 2024,” pesan Aswandi.

Dalam acara simulasi yang diselenggarakan oleh KPU Pessel, PPK dan PPS diberikan panduan tahapan demi tahapan pemungutan suara untuk Pemilihan Umum Tahun 2024.

(Re)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait