Peluang Karir di Era Digital, Pesan Wagub Sumbar untuk Wisudawan ITEBA

TOPSUMBAR – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, menekankan pentingnya bagi lulusan perguruan tinggi (PT) untuk dapat beradaptasi dengan dinamika zaman dan memperoleh keterampilan softskill agar mampu meraih kesuksesan di dunia kerja.

Wagub Audy menyampaikan pesannya ini saat memberikan kuliah umum dalam acara Wisuda II Institut Teknologi Batam (ITEBA) di Kepulauan Riau pada Sabtu 16 Desember 2023.

Sebagai pemegang Gelar Akademik Terbanyak versi Museum Rekor MURI, Wagub Audy menjelaskan bahwa dunia industri telah mengalami transformasi yang sangat besar, khususnya dalam konteks peran Internet of Things (IoT).

Bacaan Lainnya

“Dalam menghadapi perubahan dan tuntutan zaman, kita perlu beradaptasi karena dunia kerja, persaingan, dan lingkungan kerja mengalami perubahan,” ungkap Wagub Audy saat menyampaikan kuliah umum berjudul ‘Tantangan dan Peluang Lulusan Perguruan Tinggi di Era 4.0’.

Dalam kuliah umum tersebut, Wagub Audy menegaskan pentingnya softskill sebagai kunci utama kesuksesan di dunia kerja.

“Soft skill memiliki kontribusi sebesar 85 persen terhadap kesuksesan secara keseluruhan, sementara keterampilan teknis hanya sekitar 15 persen. Oleh karena itu, kita harus siap beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan kerja yang dinamis,” tambahnya.

Selain memberikan kuliah umum, Wagub Audy Joinaldy juga menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati ITEBA Batam.

Dia juga meminta peserta wisuda untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi tantangan hidup di dunia nyata.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Audy melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Politeknik Pariwisata Batam dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat serta antara Institut Teknologi Batam dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

(adpsb/bsn)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait