Pasar Kerja Masa Depan, Talk Show Ketenagakerjaan Beri Bekal Pencari Kerja di Kota Solok

TOPSUMBAR – Dalam pelaksanaan Job Fair Kota Solok 2023, peserta tidak hanya diberikan kesempatan untuk menemukan lowongan pekerjaan, tetapi juga mendapat tambahan wawasan melalui kegiatan talk show yang menyoroti berbagai aspek ketenagakerjaan.

Acara ini menampilkan narasumber berkompeten seperti Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) Sumatera Barat, Tafyani Kasim, Wakil Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok, Nico Alfiansyah, dan Wakil Ketua Ikatan Pengusaha Keshushei Indonesia (Ikapeksi) Cabang Sumatera Barat, Nofial Febrialdi.

Dalam sesi talk show, Tafyani Kasim dari Apjati Sumbar menjelaskan peran Apjati sebagai penyelenggara pelayanan penempatan pekerja migran Indonesia.

Bacaan Lainnya

Dengan 21 perusahaan penyalur tenaga kerja di bawahnya, Apjati telah menjalin kerjasama dengan 80 negara penempatan.

Tafyani mendorong para pencari kerja untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing agar dapat berhasil di pasar kerja lokal maupun internasional.

Nofial Febrialdi dari Ikapeksi membagikan pengalaman sebagai pekerja di Jepang, mendorong peserta untuk tidak takut bekerja di luar negeri.

Ia juga mengajak mereka yang sudah kembali dari luar negeri untuk menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan di dalam negeri melalui organisasi Ikapeksi.

Nico Alfiansyah dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok memberikan informasi mengenai program perlindungan yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan, seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, jaminan hari tua, dan jaminan kehilangan pekerjaan.

Ia menekankan bahwa saat ini seluruh pekerja, termasuk di sektor swasta, sudah dijamin dengan adanya program pensiun yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Talk show ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada para pencari kerja untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang ketenagakerjaan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peserta Job Fair dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam seputar ketenagakerjaan untuk mendukung karier mereka di masa depan. (Gra)

Pos terkait