Optimalkan Sistem Informasi Nagari, Pembinaan Statistik Menuju Satu Data Pesisir Selatan

TOPSUMBAR– Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan, bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Pesisir Selatan, sukses menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Nagari Statistik.

Acara ini merupakan langkah penting dalam memperkuat penyelenggaraan Satu Data Pesisir Selatan, bertujuan mencapai integrasi data yang mudah diakses, mulai dari Pemerintah Nagari hingga Satu Data Indonesia yang terpadu.

Kegiatan berlangsung di Triza Hotel Painan pada Kamis 9 November 2023 dan diresmikan oleh Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, diwakili oleh Asisten III Emirda Ziswati, S.E, M.M. Sebanyak 17 utusan Nagari dari Kecamatan Bayang turut serta dalam acara ini.

Bacaan Lainnya

Asisten III, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan sistem informasi Nagari untuk menyusun dan menghasilkan data mikro.

Hal ini diharapkan dapat mendukung perencanaan pembangunan desa agar lebih tepat sasaran dan bermanfaat maksimal bagi masyarakat.

Asisten III juga menekankan pentingnya pemahaman statistik guna mewujudkan Satu Data Pesisir Selatan.

Peserta kegiatan ini terdiri dari 34 orang, yang merupakan perangkat Nagari dan pengelola data di Nagari Kecamatan Bayang.

Acara berlangsung satu hari dengan narasumber dari Diskominfo Pesisir Selatan dan Badan Pusat Statistik Pesisir Selatan.

Materi yang disampaikan mencakup kebijakan penyelenggaraan statistik sektoral, pengelolaan dan pemanfaatan data statistik di tingkat desa/nagari, dan penguatan kelembagaan kecamatan dari nagari statistik dalam perwujudan Satu Data Indonesia.

Irwan Fahlifi, S.H, Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo, menyatakan bahwa pemahaman perangkat Nagari tentang statistik dapat menciptakan komunitas yang peduli terhadap statistik di kecamatan dan nagari.

Ia juga menyoroti pentingnya keterpaduan, keakuratan, efektivitas, dan efisiensi dalam Satu Data Pesisir Selatan, sesuai dengan peraturan Bupati NO 3 tahun 2022 tentang Satu Data Pessel.

Tujuan utama kegiatan ini adalah agar perangkat Nagari memahami lebih dalam tentang pengelolaan data statistik melalui pembinaan Nagari Statistik, dengan harapan mendukung terwujudnya Satu Data Pesisir Selatan yang terpadu dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

(019)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait