Meningkatkan Keamanan Siber di Pemerintahan, Bimtek Diskominfo Kabupaten Lima Puluh Kota 2023

TOPSUMBAR – Pemahaman tentang perlindungan sistem dan jaringan dari serangan siber menjadi kunci penting dalam menjaga keamanan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam upaya meningkatkan pemahaman ini, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Keamanan Siber Tahun 2023 di Ballroom Shafira Hotel Payakumbuh pada Selasa 5 Desember 2023.

Bimtek diikuti oleh perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 43 Perangkat Daerah se-Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bacaan Lainnya

Acara ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eki Hari Purnama, Kepala Diskominfo Lima Puluh Kota, Desri, dan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFOTIK) Provinsi Sumatera Barat, Afdhal Rahman.

Eki Hari Purnama, mewakili Bupati Lima Puluh Kota, menyoroti pentingnya implementasi SPBE yang efektif dan efisien, yang harus diikuti oleh sistem pengamanan informasi sesuai standar keamanan.

Salah satu langkah strategis adalah peningkatan sumber daya manusia di bidang keamanan siber dan melibatkan agen siber yang telah ditetapkan melalui surat Keputusan Bupati.

Dalam sambutannya, Eki mengakui bahwa serangan siber bukan hanya berdampak finansial, tetapi juga dapat merusak infrastruktur, layanan publik, dan kepercayaan masyarakat.

Kesadaran akan keamanan siber bukan lagi sekadar kebutuhan, melainkan suatu keharusan untuk melindungi data sebagai aset berharga.

Afdhal Rahman menekankan bahwa Manajemen Keamanan Siber merupakan pendekatan strategis untuk menjaga sumber daya informasi.

Pendekatan terstruktur ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, mendeteksi, merespons, dan memulihkan dari insiden keamanan siber. Ia juga mencatat bahwa kelalaian individu dapat menjadi pemicu serangan siber.

Dalam konteks manajemen keamanan siber, Afdhal menyebut beberapa aspek kunci seperti Kebijakan Keamanan, Pengidentifikasian Risiko, Perlindungan dan Pencegahan, Deteksi dan Respon, Pendidikan dan Pelatihan Keamanan, Manajemen Akses, serta Pemantauan dan Evaluasi. Dengan pemahaman yang mendalam terhadap hal ini, diharapkan Kabupaten Lima Puluh Kota dapat lebih proaktif dalam melindungi sistem dan jaringannya dari ancaman siber.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait