Melalui Lomba Nasi Asok, Kota Solok Gencarkan Inovasi Kuliner Lokal sebagai Daya Tarik Wisata

TOPSUMBAR – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok menggelar lomba Inovasi Makanan Khas Solok, Nasi Asok, di Aula Balitbang pada Rabu (6/12).

Sebanyak 40 peserta turut berpartisipasi, dan penilaian dilakukan oleh juri berstandar nasional itu.

Yaitu Wahyuni Kartika, S.Pd, M.Pd (guru SMK 9 Padang), Ezi Angraini, M.Pd (Dosen Tata boga UNP), dan Mulyadi (Executive Chef HW Hotel).

Bacaan Lainnya

Pendaftaran lomba Nasi Asok telah dibuka sejak 1 hingga 30 November 2023 dan terbuka untuk umum dengan persyaratan KTP/KK Kota Solok.

Bahan dasar makanan yang dapat dipilih antara lain labu kuning, ubi jalar, dan pisang, dengan ketentuan produk yang harus dibuat mencakup selai, kue kering, dan kue basah.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok, Drs. Indrafelli, MM, menjelaskan kriteria penilaian lomba Nasi Asok tahun 2023.

Meliputi inovasi, cita rasa, tekstur, warna, dan kemasan/presentasi produk. Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah mulai dari juara pertama sebesar Rp7 juta hingga harapan ketiga sebesar Rp1 juta.

Dalam harapannya, Drs. Indrafelli, MM, mengungkapkan, semoga kegiatan ini membawa kemaslahatan bagi kita semua dalam rangka tercapainya program-program Pemerintah Kota Solok untuk peningkatan perekonomian daerah yang berorientasi ekonomi kerakyatan berbasis pada potensi unggulan daerah yang berkelanjutan dan didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan diselenggarakannya Lomba Nasi Asok, diharapkan dapat meningkatkan potensi Kota Solok sebagai destinasi wisata yang sedang berkembang.

“Kuliner adalah salah satu penopang wisata. Dengan produk makanan yang dilombakan hari ini, diharapkan tercipta inovasi baru yang bisa menjadi ikon wisata makanan khas Kota Solok,” tambah Indrafelli. (Gra)

Pos terkait