Kabag Kesra Hadiri Batagak Gala Datuak Sati di Aie Angek Sijunjung

TOPSUMBAR – Bupati Sijunjung diwakili oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Jupri, S.Ag, MM, Dt. Simarajo menghadiri “Batagak Gala” (penobatan gelar) Datuak Sati, suku Melayu Tobo di Nagari Aie Angek pada Ahad, 24 Desember 2023.

Setelah mengenakan baju Ninik Mamak di Rumah Gadang Dt. Ponji Alam, Datuak Sati diiringi Kabag Kesra, Ketua LKAAM Z. F. Dt. Gindo Jalelo, Camat Sijunjung Khairuddin, SE, Wali Nagari Aie Angek Asrial, Ketua KAN Siman Khatib Dt. Kayo dan Tali Tigo Sapilin serta lembaga nagari berarak menuju Rumah Gadang Datuak Sati.

Sesampainya di Rumah Gadang Datuak Sati, kemudian Dt. Ponji Alam selaku Yang Didahulukan Selangkah, Ditinggikan Seranting di Nagari Aie Angek, dikenal dengan ungkapan Mamak Nan Tigo Suku memasangkan “Deta” serta keris kepada Datuak Sati.

Bacaan Lainnya

Acara berlanjut dengan pengucapan sumpah Datuak Sati yang dipimpin oleh Ketua KAN Siman Khatib Dt. Kayo serta kata sambutan oleh wali nagari, ketua LKAAM dan Kabag Kesra.

Nagari Aie Angek adalah bagian dari IV Koto, yang terdiri dari Aie Angek, Solok Ambah, Congking dan Tanjung Gadang.

Sistem pemerintahannya, Adat dipimpin oleh Datuak Kayo, Pusako dipimpin oleh Datuk Ponji Alam, Kunci Rantai dipimpin oleh Datuak Sati, Sandaran dipimpin oleh Datuak Bandaro, Undang-Undang dipimpin oleh Datuak Mogek dan Kitabullah dipimpin oleh Datuak Bosar.

(AG)

Pos terkait