Evaluasi Kinerja Tahun 2023, Langkah Antisipatif Kabupaten Pesisir Selatan

TOPSUMBAR – Agar seluruh program yang telah direncanakan untuk tahun 2023 dapat terlaksana tanpa ada tunggakan pada tahun berikutnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Ermizen, menegaskan perlunya evaluasi terhadap capaian kinerja pemerintah daerah.

Pada Selasa 5 Desember 2023, Ermizen menyampaikan kepada Padang Ekspres bahwa kecepatan dan ketepatan waktu pelaksanaan kegiatan oleh semua perangkat daerah harus menjadi fokus utama. Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi keterlambatan pada tahun 2024.

“Dekati akhir tahun anggaran 2023, penting bagi seluruh perangkat daerah untuk segera melaksanakan kegiatan dengan tepat waktu agar tidak ada keterlambatan di tahun berikutnya.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan kegiatan juga harus mematuhi ketentuan dan prosedur yang berlaku, dengan tetap menjaga kualitas dan kuantitasnya,” ujar Ermizen.

Ermizen juga mengingatkan Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) untuk memastikan dan mengontrol kegiatan yang menjadi tanggung jawab mereka.

Selain itu, semua program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2023 perlu dievaluasi guna memastikan konsistensi antara rencana dan realisasi.

Ia juga menambahkan bahwa, tujuannya adalah agar anggaran yang telah dialokasikan tahun ini dapat dimanfaatkan secara maksimal demi kesejahteraan masyarakat.

Ermizen berharap agar semua program kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2023 dapat berhasil dengan baik, sehingga fokus pembangunan dapat dialihkan ke tahun 2024.

“Khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui konektivitas antar wilayah melalui sarana dan prasarana yang memadai.”

Ia menerangkan bahwa, dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi, pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan harus mendukung konektivitas wilayah sentra ekonomi, memastikan distribusi pangan dan barang menjadi lebih efisien.

Dia menambahkan bahwa meskipun infrastruktur adalah urusan wajib, skala prioritas harus diperhatikan mengingat terbatasnya anggaran.

“Dengan itu, saya mengingatkan lagi agar semua kegiatan yang telah direncanakan oleh perangkat daerah dapat diselesaikan sebelum akhir tahun anggaran ini,” tegasnya.

(019)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait