Bawaslu Pessel Gelar Apel Siaga Kampanye Pemilu, Kerjasama untuk Sukses Bersama

TOPSUMBAR – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pesisir Selatan (Bawaslu Pessel) menyelenggarakan Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu Tahun 2024 sebagai langkah awal dalam menjalin kerjasama dengan pihak terkait demi kesuksesan Pemilu.

Acara tersebut, yang bertujuan mewujudkan Pemilu yang damai dan bermartabat, digelar di Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, pada Selasa 5 Desember 2023.

Nurmaidi, S.H.I, Komisioner Bawaslu dan Anggota Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, menegaskan bahwa Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024 merupakan langkah awal yang penting bagi Bawaslu dalam menjalin kerjasama dengan pihak terkait seperti Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan Kejaksaan.

Bacaan Lainnya

Kerjasama ini bertujuan untuk menunjukkan kesiapan dalam pengawasan dan penindakan selama tahap kampanye ke depan.

Nurmaidi menekankan pentingnya mematuhi semua prosedur peraturan perundang-undangan selama kampanye, yang telah diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2017, dengan peraturan teknis diatur dalam PKPU Nomor 15 tahun 2023 yang kemudian diubah menjadi peraturan KPU Nomor 20 tahun 2023.

Bawaslu Pessel mengajak semua pihak untuk memiliki kesadaran dan kewajiban yang sama dalam memastikan agar proses penyelenggaraan pemilu tahun 2024 berjalan sesuai prinsip Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil.

Nurmaidi juga menyampaikan pesan kepada pengawas pemilu, menekankan tiga hal yang harus diberikan kepada masyarakat, kontestan Pemilu, termasuk Partai Politik, Caleg, calon perseorangan DPD, Calon Presiden, Calon Wakil Presiden, dan tim suksesnya.

Pertama, memberi kepastian hukum dalam penegakan aturan pemilu. Kedua, memberi pelayanan prima dalam proses pencegahan, pengawasan, dan penindakan. Ketiga, mematuhi semua prosedur peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait dengan penegakan hukum.

Ia juga menyampaikan kepada jajaran Bawaslu dari kecamatan maupun desa untuk menegakkan tegas hal-hal tersebut. Di tahapan kampanye saya tekanankan untuk netralitas ASN, TNI/Polri, PKD, Kades beserta perangkat agar tidak berkampanye.

(019)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait