Wagub Sumbar Salurkan Bantuan Rp386 Juta untuk Lumbung Sosial Mentawai

TOPSUMBAR – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) menghadiri kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang turut melibatkan serah terima bantuan logistik dari Pemerintah Provinsi Sumbar untuk Lumbung Sosial Mentawai di Desa Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan.

Bantuan senilai Rp386.930.000 diberikan sebagai respons terhadap tingkat kerawanan bencana yang cukup tinggi di daerah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Audy, didampingi oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Linjamsos Dinsos) Sumbar, Andri Yunidal, menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di Mentawai.

Bacaan Lainnya

Meskipun Lumbung Sosial terus disiapkan, Wagub mengingatkan bahwa masyarakat Mentawai juga harus aktif menerapkan upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana mandiri. Pendidikan sadar bencana juga dianggap perlu diterapkan sejak usia dini.

“Walaupun kita tidak tahu kapan bencana akan datang, kesiapsiagaan dan mitigasi bencana harus senantiasa diterapkan untuk mengantisipasi dampak yang mungkin timbul,” tambah Wagub Audy.

Bantuan logistik yang diserahkan mencakup berbagai jenis, seperti makanan siap saji, makanan anak, kasur, tenda, selimut, sandang, family kit, dan kids ware.

Total bantuan senilai Rp386.930.000 tersebut akan mengisi Lumbung Sosial di Siberut Selatan. Kabid Linjamsos Dinsos Sumbar, Andri Yunidal, merinci rincian bantuan tersebut dan menekankan bahwa penyaluran bantuan ini diharapkan dapat memperkuat kebutuhan logistik di empat Lumbung Sosial lainnya di Pulau Siberut.

“Pengisian Lumbung Sosial di Siberut Selatan ini diharapkan turut memperkuat empat lumbung sosial lainnya,” ucap Andri.

(adpsb/isq/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait