Wagub Audy Joinaldy Serahkan Penghargaan APN, Sumbar Jadi Penyangga Pangan bagi Tiga Provinsi

TOPSUMBAR – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, dengan bangga menyerahkan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) kepada sejumlah kepala daerah dan tokoh masyarakat yang diakui telah memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat ketahanan pangan di Sumbar.

Saat ini, prestasi Sumbar dalam hal ketahanan pangan telah mencapai peringkat kelima nasional.

Dalam sambutannya di acara Penghargaan APN di The ZHM Premiere Hotel Padang pada Jumat 24 November 2023, Wagub Audy menekankan bahwa Sumbar, sebagai salah satu produsen beras terbesar di Indonesia, telah berhasil menyediakan pangan untuk memenuhi kebutuhan lokal dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal.

Bacaan Lainnya

Ia juga menyoroti stabilitas ketersediaan beras di Sumbar, yang kini telah menjadi penyangga produksi kebutuhan pangan untuk tiga provinsi tetangga, yaitu Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau.

“Sumbar dapat dianggap sebagai tulang punggung produksi ketahanan pangan di Sumatera bagian barat,” ucapnya.

Wagub Audy juga mencermati perlunya dukungan lebih lanjut dari pemerintah pusat untuk mengembangkan teknologi pertanian dan memberikan akses keuangan kepada petani dan pelaku usaha ultramikro di Sumbar, mengingat sektor pertanian memegang peranan kunci dalam perekonomian daerah tersebut.

“Saat ini, stok beras di Sumbar mencapai 852.366 ton, sementara total kebutuhan hanya sekitar 689.794 ton,” tambahnya.

Dalam konteks ini, Wagub Audy berharap agar pemerintah pusat dapat turut mendukung pengembangan teknologi pertanian dan menyediakan akses keuangan sebagai modal bagi petani dan pelaku usaha ultramikro di Sumbar.

Meskipun demikian, ia menekankan bahwa pencapaian Sumbar dalam ketahanan pangan tidak terlepas dari upaya bersama dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan terkait.

Sebagai bentuk apresiasi, Pemprov Sumbar memberikan Penghargaan APN kepada sejumlah kepala daerah dan tokoh masyarakat yang telah berperan aktif dalam membangun ketahanan pangan di Sumbar.

Beberapa di antaranya adalah Wali Kota Solok, Bupati Sijunjung, Bupati Pasaman Barat, dan beberapa tokoh masyarakat seperti Joinerry Kahar, Arkadius Dt Intan Bano, dan Ir. Fajaruddin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional (BAPANAS), Rachmad Firdaus, juga memberikan apresiasi kepada Pemprov Sumbar.

Menurutnya, berdasarkan skor indeks prestasi ketahanan pangan nasional, Sumbar berhasil naik dari peringkat 8 nasional menjadi peringkat 5 nasional.

Rachmad menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan ketahanan pangan di Sumbar.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait