Timbangan yang Adil, Jual Beli Menyenangkan, Tera Ulang di Pasar Raya Solok

TOPSUMBAR –┬áDinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Solok, melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi, telah berhasil melaksanakan kegiatan tera/tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) milik para pedagang di Pasar Raya Solok.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 24 hingga 27 November 2023, sebagai upaya untuk memastikan kebenaran pengukuran sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Roni Syah Putra, Kepala UPTD Metrologi Kota Solok, menggarisbawahi bahwa kegiatan tera/tera ulang ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran pedagang terkait penggunaan UTTP dengan benar.

Bacaan Lainnya

Fokus utamanya adalah mengajarkan para pedagang tentang pentingnya melakukan tera/tera ulang secara berkala terhadap timbangan yang mereka gunakan dalam aktivitas jual beli.

Roni menegaskan bahwa pengukuran yang akurat bukan hanya sebagai jaminan kebenaran, melainkan juga sebagai perlindungan bagi konsumen, dan sebagai kebutuhan fundamental bagi pedagang untuk memastikan rezeki yang halal dan berkah.

Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kepuasan pembeli, yang pada gilirannya dapat menciptakan pelanggan yang setia.

Selama empat hari pelaksanaan tera dan tera ulang di Pos Pengamanan Pasar Raya Solok, petugas penera, David Lizardo, menyatakan bahwa tidak ada indikasi kecurangan pada timbangan.

Namun, ia mencatat bahwa sebagian besar kendala yang ditemui lebih berkaitan dengan kerusakan atau kurangnya akurasi timbangan yang disebabkan oleh pemakaian berulang.

David juga memberikan informasi bahwa pedagang yang berkeinginan mereparasi alat ukur, takar, dan timbang dapat menghubungi UPTD Metrologi Kota Solok atau mengunjungi langsung Dinas PKUKM. UPTD Metrologi siap untuk menjemput timbangan ke rumah pedagang yang kesulitan datang ke kantor.

Seorang pedagang bernama Joy mengungkapkan bahwa ia selalu aktif mengikuti kegiatan tera/tera ulang yang diadakan oleh UPTD Metrologi Kota Solok.

Menurutnya, keakuratan timbangan memiliki dampak besar dalam membangun kepercayaan pembeli terhadap penjual. Joy berharap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun.

Dalam tanggapannya, Kepala DPKUKM, Zulferi, menyampaikan rasa terima kasih kepada UPTD Metrologi dan semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan tera/tera ulang.

Ia berharap bahwa inisiatif ini dapat menjadikan Kota Solok sebagai contoh kota yang tertib dalam hal ukuran dan terhindar dari praktik penimbangan yang tidak bertanggung jawab.

(Gra)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait