Sumatera Barat Raih Empat Penghargaan Prestisius dalam Pembinaan Desa dan Kelurahan

TOPSUMBAR –  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali meraih prestasi membanggakan dalam pembinaan desa dan kelurahan. Dalam Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel) dan Program Desa dan Kelurahan (Prodeskel), Sumbar berhasil meraih empat penghargaan.

Tidak hanya itu, Sumbar juga mendapatkan penghargaan Stand Terbaik 3 Nasional pada Pekan Inovasi Desa dan Kelurahan (Pindeskel) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

Epdeskel memberikan dua penghargaan kepada Sumbar, yakni kategori Cepat Berkembang Tertinggi dan kategori Cakupan Pengisian Tertinggi.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, dua penghargaan Prodeskel diraih atas pembinaan dan prestasi tertinggi dalam klasifikasi Swasembada, yang diberikan kepada Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, yang diwakili oleh Kabid Pemnag Desrianto Boy, menerima penghargaan tersebut dalam acara pembukaan Pindeskel tahun 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, yang diselenggarakan pada Jumat 10 November 2023.

Desrianto Boy menyatakan bahwa prestasi ini merupakan hasil dari keseriusan dan kerja keras yang dilakukan dalam pembinaan pemerintahan nagari, desa, dan kelurahan.

“Ini tentunya tidak terlepas dari arahan Buya Gubernur dan Wakil Gubernur di Pemprov serta Bapak Bupati di Kabupaten,” kata Desrianto Boy.

Pada pembukaan Pindeskel, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir Balaw, yang mewakili Mendagri Tito Karnavian, menekankan bahwa Pindeskel adalah ajang untuk mempublikasikan keberhasilan dan inovasi pemerintah daerah, desa, dan kelurahan.

“Inovasi itu terkait penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Kegiatan ini juga merupakan wadah konsolidasi dan sharing informasi bagi penguatan tata kelola pemerintahan desa dan kelurahan serta inovasi di wilayah masing-masing,” ujar Tomsi Tohir.

Penghargaan lainnya diberikan kepada Sumbar dalam pelaksanaan pembinaan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Sumbar menduduki peringkat tinggi dalam kategori cakupan pengisian tertinggi tingkat provinsi, bersaing dengan provinsi-provinsi lain seperti DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, dan Bali.

Prosentase kategori cepat berkembang tertinggi dibagi menjadi tingkat provinsi dan kabupaten. Sumbar berhasil meraih penghargaan tingkat provinsi dengan presentase tertinggi, bersaing dengan provinsi-provinsi besar lainnya seperti Bali, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta.

Penghargaan juga diberikan kepada Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Lima Puluh Kota dalam kategori Kabupaten/Kota dengan desa-desa berprosentase klasifikasi swasembada tertinggi.

Kabupaten Kudus, Kabupaten Tabanan, Kota Banjar, dan Kabupaten Lima Puluh Kota juga masuk dalam daftar penerima penghargaan dalam kategori ini. (doa/Diskominfotik Sumbar)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait