Sosialisasi Perda 3/2023, Inisiatif Syamsul Bahri untuk Kesejahteraan Petani Karet

TOPSUMBAR – Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2023 di Jorong Muara Tais, Nagari Muara Tais, Kecamatan Mapat Tunggul, Kabupaten Pasaman, yang dilaksanakan oleh anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat, Syamsul Bahri pada Minggu 26 November 2023, mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Perda nomor 3 tahun 2023 yang mengatur tentang Tata Kelola Komoditas Unggulan Perkebunan.

Dalam acara tersebut, hadir Camat Mapat Tunggul, Wali Nagari Muara Tais, Kepala Jorong, Tokoh Masyarakat, Para Ninik Mamak, serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Salah satu isu yang menjadi sorotan adalah keluhan tentang harga karet yang rendah dari seorang petani karet, Bapak Buyung Itom. Beliau menyampaikan keprihatinannya mengenai harga karet yang hanya sekitar Rp 6000 per kg.

Menyikapi keluhan tersebut, Syamsul Bahri menyoroti urgensi intervensi pemerintah untuk menjaga stabilitas harga karet.

Ia mengakui bahwa sebagian besar penduduk di wilayah tersebut mengandalkan sektor perkebunan karet sebagai sumber penghasilan utama.

Dalam sesi sosialisasi, Bahri dengan lugas mengharapkan agar petani dapat memahami pentingnya lahan pertanian sebagai penopang ketahanan pangan di Pasaman dan Sumatera Barat secara keseluruhan.

Syamsul Bahri juga menekankan pentingnya penerapan Perda tersebut oleh peserta sosialisasi. Ia mengajak mereka untuk memahami dan melaksanakan peraturan daerah tersebut demi keberlangsungan hidup dan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan.

Pada sesi tanya-jawab, seorang peserta, Ridwan, bertanya mengenai manfaat yang dirasakan oleh masyarakat umum dari aturan tersebut. Dengan tegas, Syamsul Bahri menyatakan bahwa pengelolaan lahan pertanian tanaman pangan memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat luas.

Wali Nagari Muara Tais, Doni Putra,SE, juga mengucapkan terima kasih kepada Syamsul Bahri atas pencerahan yang diberikan kepada masyarakat.

Ia berharap agar sosialisasi peraturan daerah dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk memberikan pengetahuan lebih lanjut kepada masyarakat.

Doni Putra menyampaikan apresiasi atas respon positif Syamsul Bahri terhadap masukan dan aspirasi masyarakat, serta mengucapkan terima kasih yang tulus.

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait