Presiden Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata, Tonggak Sejarah Energi Terbarukan

TOPSUMBAR – Pada Kamis, 9 November 2023, Presiden Joko Widodo dengan bangga mengapresiasi penyelesaian pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Dalam pidatonya, Presiden menyatakan bahwa PLTS ini tidak hanya menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, tetapi juga di dunia.

“Harini adalah hari bersejarah karena impian besar kita untuk membangun Pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam skala besar akhirnya menjadi kenyataan,” ujar Presiden saat meresmikan PLTS Terapung Cirata 192 MWp.

Bacaan Lainnya

PLTS Terapung Cirata, yang terletak di Waduk Cirata, memiliki kapasitas sebesar 192 megawatt peak (MWp). Selain PLTS, kawasan ini juga dilengkapi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkapasitas 1.000 megawatt.

“Kedepannya, dengan optimalisasi, kapasitas ini dapat ditingkatkan sekitar 1.000 megawatt peak, menjadikan tenaga airnya juga sebagai sumber energi hijau yang signifikan,” tambahnya.

Presiden menekankan bahwa pembangunan PLTS ini melibatkan kerja sama antara kementerian, PLN, dan perusahaan dari Persatuan Emirat Arab (PEA). Dengan teknologi yang telah tersedia, Presiden yakin potensi energi baru terbarukan di Indonesia dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Saya berharap semua potensi energi baru terbarukan di Indonesia dapat kita manfaatkan dengan baik, mengingat teknologinya sudah ada, termasuk di PLTS ini yang menggunakan energi surya dan angin,” lanjutnya.

Meskipun menyadari adanya tantangan, seperti cuaca dan lokasi potensi EBT yang jauh dari pusat perekonomian, Presiden Jokowi tetap optimistis bahwa tantangan ini dapat diatasi dengan solusi taktis.

Salah satunya adalah melalui penggunaan transmission line untuk mendistribusikan energi ke pusat-pusat ekonomi.

Acara peresmian ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri PEA Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan, dan CEO Masdar Mohamed Jameel Al Rahami.

(Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait