Potensi Wisata Laut Pesisir Selatan, Diving di Mandeh Sebagai Pilihan Utama

TOPSUMBAR –¬†Keindahan alam bahari kepulauan Mandeh sangat menakjubkan dan menjadi daya tarik utama bagi penyuka selam.

Pesona surga bawah lautnya yang memamerkan karang-karang cantik dan ikan hias unik menjadikannya destinasi yang diminati.

Bacaan Lainnya

Diving di perairan kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, telah menjadi tren di kalangan penyuka selam.

Event Sailing Joy Mandeh pada 16 Mei 2015 menjadi puncak boomingnya, di mana Diving Proklamator, sebuah kelompok penyelam Sumbar, berhasil menampilkan foto-foto bawah laut yang memukau.

Sejak saat itu, berbagai event menyelam di kawasan Mandeh sering diadakan. Pada tahun 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar turnamen fotografi dan videografi bawah laut di kawasan laut Mandeh dengan tema “Exploring Mandeh Road To Bulan Cinta Laut,” berlangsung dari 17 hingga 21 Agustus 2022.

Tujuan utamanya adalah mempromosikan program ekonomi biru KKP, yaitu Bulan Cinta Laut.

Salah satu objek pengambilan gambar yang paling eksotis adalah lokasi Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) dari MV Boelongan Nederland.

Kapal Belanda yang tenggelam pada tahun 1942 ini menjadi Situs Budaya Bawah Air dan kawasan Konservasi Maritim, menjadi salah satu spot penyelaman unggulan di Mandeh dengan kedalaman sekitar 30 meter.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto, menyebut Mandeh sebagai salah satu ikon Sumatera Barat dengan landscape luar biasa indah, termasuk bawah lautnya yang masih alami dan bersih.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, meyakini bahwa turnamen fotografi dan videografi bawah air dari KKP dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Mandeh, yang merupakan objek wisata unggulan dengan sajian yang beragam, mulai dari panorama alam, kuliner, hingga keindahan bawah laut.

Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh terdiri dari banyak pulau-pulau kecil, dengan 30 pulau kecil di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Luasnya mencapai sekitar 18.000 hektar, dengan 70 hektar kawasan bawah laut, 389 hektar hutan bakau, dan pantai pasir putih.

Beberapa spot diving yang sering dikunjungi para penyelam di Mandeh antara lain Pulau Sironjong, MV Boelongan Nederland, Pulau Gosong Mamacah, Pulau Setan, Pulau Cubadak, Pulau Pagang, dan Pulau Marak.

Pesona utama bagi penyelam di Mandeh adalah berburu foto ikan hias Balong Padang (Premnas Biaculeatus), ikan endemik Samudera Hindia yang mirip dengan Nemo.

Balong dan Nemo memiliki warna serta corak serupa, namun Balong lebih besar. Ikan ini sering dijumpai bermain di beberapa spot selam di perairan Mandeh.

Pemerintah setempat serius menggarap potensi wisata selam dengan memberikan pelatihan kepada pemandu lokal. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pessel menyelenggarakan pelatihan selam selama tiga hari pada 10-12 Oktober 2023, dengan teori di salah satu penginapan di Mandeh dan praktek di Pulau Setan. Pelatihan diikuti oleh 40 peserta laki-laki yang mendapatkan materi dari penyelam profesional.

Kabupaten Pessel memiliki potensi wisata laut yang besar, khususnya wisata selam, yang perlu dikelola dengan serius untuk menarik minat wisatawan.

Kompetensi pemandu lokal juga menjadi faktor penting yang memengaruhi kepercayaan wisatawan terhadap pelaku usaha pariwisata.

Untuk wisatawan yang ingin mencoba sensasi menyelam di laut Mandeh, komunitas selam setempat, Mandeh Blue Diving, telah menyiapkan paket-paket, termasuk paket Discovery Diving.

Paket ini mencakup penyelaman di Pulau Cubadak seharga Rp1.300.000/orang untuk minimal 4 orang peserta, dengan fasilitas kapal, welcome drink, makan siang, dokumentasi bawah laut, dan dua kali penyelaman.

Bagi yang berminat diving di Mandeh, dapat menghubungi Oriza (Kabid Pariwisata Disparpora Pessel) di nomor 0811 6641 979 atau Vika Mandeh Blue Diving di 0822 8363 1053.

Pastikan kegiatan diving dilakukan dalam kondisi cuaca yang cerah untuk pengalaman yang lebih menyenangkan. Ayo menjelajahi keindahan Mandeh!

(ADV/Webtorial)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Pos terkait