Politik Tanpa Konflik, Membangun Persaudaraan dalam Kompetisi

TOPSUMBAR –  Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, Lisda Hendrajoni, menyatakan setuju dengan pendekatan politik yang diusung oleh Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (Amin).

Menurut Lisda, Paslon Amin memiliki pandangan bahwa berpolitik bisa dilakukan dengan penuh kegembiraan, tanpa menimbulkan konflik di kalangan elit maupun masyarakat.

Ia juga menyampaikan bahwa sejak dulu, NasDem memegang prinsip bahwa berpolitik harus dilakukan dengan penuh kegembiraan.

Bacaan Lainnya

Hal ini juga menjadi pedoman bagi Koalisi Perubahan yang mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, ujar Lisda kepada wartawan, Senin 20 November 2023.

Lisda menegaskan bahwa tensi persaingan antar pasangan calon presiden dan wakil presiden serta dinamika politik menjelang Pilpres 2024 seharusnya tidak mengakibatkan konflik di kalangan elit yang berdampak pada masyarakat. Berpolitik dengan cara menakut-nakuti, menyebarkan teror, dan fitnah dianggap sebagai tindakan primitif.

Ia menambahkan bahwa, “Kami selalu menganggap pemilu sebagai pesta demokrasi, dan kami mengajak semua pihak untuk turut serta dalam pesta ini dengan saling berbagi kegembiraan, saling jujur, dan saling percaya, tanpa adanya sikut menyikut, tanpa menyebarkan hoaks, dan kampanye hitam, sehingga tercipta suasana aman dan damai. Dan hal ini harus dimulai dari elit hingga masyarakat,” jelasnya.

Politisi asal Sumatera Barat ini juga berpendapat bahwa dalam setiap kompetisi, semangat persaingan selalu ada, namun persaingan tersebut seharusnya bersifat persaudaraan, bukan persaingan antara musuh.

Ia juga menyampaikan bahwa persaingan bukanlah untuk memecah belah bangsa, melainkan sebagai bentuk demokrasi sebagaimana yang kita yakini di Indonesia, di mana meskipun berbeda, tetapi tetap satu bangsa.

Siapapun yang menang dalam pemilu, itu adalah kemenangan rakyat, kemenangan kita, kemenangan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Itu yang paling utama.

(019)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait