Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Menolak Kekalahan, Menyerukan Kemajuan

TOPSUMBAR – Upacara peringatan Hari Pahlawan Ke-78 di Kabupaten Lima Puluh Kota diadakan dengan khidmat di halaman Kantor Bupati Bukik Limau Sarilamak pada Jumat 10 November 2023.

Bupati Lima Puluh Kota bertindak sebagai inspektur upacara, dan ratusan peserta dari ASN, Polri, TNI, mahasiswa, serta pelajar turut berpartisipasi. Ny Nevi Safaruddin, Ketua PKK Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan tamu VIP lainnya juga hadir.

Peringatan ini mengusung tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’.

Bacaan Lainnya

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Bupati Safaruddin, tema ini dipilih sebagai respons terhadap ancaman penjajahan modern yang semakin nyata, mengingat Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dan sumber daya alam yang melimpah.

Bupati Safaruddin menyatakan, “Tema ini menjadi tantangan sejati bagi generasi penerus dalam mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia untuk kemajuan Bangsa dan Negara.”

Beliau menekankan bahwa pahlawan adalah mereka yang menonjol karena keberanian dan pengorbanan mereka dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah memberi kita pelajaran bahwa kita bukanlah bangsa yang menyerah. Kita tidak akan pernah rela bersujud dan menyerah, sebesar apa pun ancaman dan tantangan yang kita hadapi. Dengan semangat yang menggebu-gebu,” ujarnya.

Bupati Safaruddin mengungkapkan rasa syukur karena saat ini semangat untuk memerangi kebodohan dan kemiskinan dapat dirasakan di seluruh pelosok negeri.

“Semangat ini membawa kita untuk menolak kekalahan dan menyerah pada situasi. Mari bersama-sama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia makin maju dan sejahtera,” tutupnya.

Peringatan Hari Pahlawan juga mencakup upacara tabur bunga di Makam Pahlawan Lurah Kincie Situjuah Batur, Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait