Pemprov Sumbar Salurkan Bantuan Pendidikan ke Madrasah di Mentawai

TOPSUMBAR –  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) terus memperhatikan dunia pendidikan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy, baru-baru ini memberikan bantuan keperluan pendidikan untuk Madrasah Islamic Center Syekh Saleh Ar-Rajihi, yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Dakwah Syaikh Sholeh Ar-Rajihi di Siberut Selatan pada Selasa 14 November 2023.

Dalam sambutannya di Maileppet, Siberut Selatan, Wagub Audy menyatakan bahwa bantuan ini mencerminkan kepedulian yang tinggi dari Pemprov Sumbar terhadap dunia pendidikan di Mentawai.

Bacaan Lainnya

Bantuan yang disalurkan meliputi kebutuhan habis pakai, seperti 1200 rak telur, 50 karung beras, 50 Al-Quran, 500 ekor ayam, serta 500 kilogram pakan ayam dan paranet kandang ayam.

Selain bantuan dari Pemprov Sumbar, Wagub juga mengumumkan kontribusi positif dari berbagai lembaga. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumbar memberikan bantuan berupa pembangunan Mini Market Islamic Center, sementara Bank Nagari menyumbangkan mesin printer, komputer, dan alat-alat olahraga.

“Kami berharap bantuan ini dapat dikelola dengan optimal agar anak-anak merasa nyaman dalam proses belajar mengajar. Mereka adalah generasi penerus pembangunan dan pemimpin bangsa,” ungkap Audy di hadapan santri Madrasah Islamic Center Syekh Saleh Ar-Rajihi.

Wagub Audy menegaskan bahwa semua bantuan ini merupakan langkah awal dalam pengembangan madrasah untuk meningkatkan minat calon santri. “Semoga bantuan hari ini memberikan keberkahan dari Allah SWT,” tambahnya.

Ketua Pengurus Yayasan Sosial Dakwah dan Pendidikan Mentawai, Ustaz Ramli, menyampaikan rasa bahagianya atas bantuan yang diterima.

Dia juga melaporkan bahwa pada tahun 2023 terjadi penurunan defisit anggaran di Islamic Center tersebut, yang berdampak pada kurangnya dukungan keuangan dan liburan paksa para santri.

“Ini disebabkan oleh defisit keuangan, sehingga tidak ada lagi makanan yang bisa kita berikan. Namun, ketika menghadapi kesulitan, Alhamdulillah ada bantuan dari berbagai pihak, seperti Baznas, PT Semen Padang, hingga bantuan dari rombongan Bapak Wagub pada hari ini,” jelas Ustaz Ramli.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait