Pemprov Sumbar Salurkan Bantuan 7 Miliar Rupiah untuk MTQ Nasional

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah mengalokasikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai 7 miliar rupiah kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

Bantuan ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke-40 Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2023.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, dengan tegas menyatakan bahwa dana tersebut merupakan bentuk dukungan Pemprov Sumbar terhadap penyelenggaraan MTQ.

Bacaan Lainnya

Ia mendorong Pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk segera memanfaatkan dana tersebut, mengingat bahwa pelaksanaan MTQ sudah semakin mendekat, yakni pada tanggal 12 Desember mendatang.

“Kira-kira anggaran yang diperlukan untuk persiapan dan penyelenggaraan MTQ mencapai 11 miliar rupiah. Mengingat besarnya kebutuhan biaya tersebut, Pemprov Sumbar memberikan bantuan sebesar 7 miliar rupiah,” ujar Gubernur Mahyeldi di Padang pada Senin 6 November 2023.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan tersebut disalurkan oleh Pemprov Sumbar melalui skema BKK dan telah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan pada sore hari.

Sebelumnya, pada akhir Agustus, Pemprov Sumbar telah menggelar rapat koordinasi bersama dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk menyusun persiapan acara.

Dari rapat tersebut, diketahui bahwa panitia membutuhkan dukungan anggaran yang cukup besar untuk mempersiapkan infrastruktur termasuk 17 venue, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

MTQ yang diperkirakan akan diikuti oleh 1786 orang di Solok Selatan juga memerlukan 72 pemondokan kafilah, 1 hotel, 6 wisma, dan 2 homestay.

“Berdasarkan perhitungan panitia, total biaya yang dibutuhkan mencapai 11 miliar rupiah,” ungkap Mahyeldi.

Pembukaan dan penutupan acara nantinya akan dilakukan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Rimbo Tangah, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir.

Dalam rapat tersebut, juga dibahas petunjuk teknis bagi calon peserta yang disampaikan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumbar.

Petunjuk teknis dan jadwal seluruh rangkaian MTQ akan diumumkan bersamaan dengan peluncuran logo MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumbar Ke-40 Tahun 2023.

Gubernur Mahyeldi mengingatkan bahwa penyelenggaraan MTQ tidak hanya perlu sukses dalam hal penyelenggaraan, tetapi juga harus sukses dalam pertanggung jawaban keuangannya.

“Ikhtiar ini harus ditempuh dengan cermat dalam penggunaan uang negara. Kita harus berhati-hati untuk menghindari masalah yang mungkin muncul setelah penyelenggaraan, terutama yang berkaitan dengan aspek hukum,” tegas Mahyeldi.

(adpsb)

Pos terkait