Paradigma Baru, Wagub Sumbar, Dari Pencari Kerja menjadi Penggerak Lapangan Kerja

TOPSUMBAR – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, menyoroti fakta bahwa Indonesia menjadi salah satu produsen sarjana terbanyak di dunia, mencapai angka tiga juta lulusan setiap tahun.

Namun, ironisnya, pertumbuhan lapangan kerja tidak sebanding dengan jumlah lulusan perguruan tinggi, menuntut perubahan paradigma dari menjadi pencari kerja menjadi penyedia lapangan kerja.

Dalam refleksinya, Wagub Audy menyadari bahwa ini adalah tantangan besar bagi pemerintah, yang terus mendorong lulusan perguruan tinggi untuk beralih menjadi wirausahawan, dengan harapan dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Bacaan Lainnya

Pada Kuliah Umum tentang Kewirausahaan di Batam Tourism Polytechnic dan Institut Teknologi Batam pada Sabtu 18 November 2023, Wagub Audy dengan tegas menyampaikan urgensi perubahan mindset.

Dalam keterangan resminya, Wagub Audy mengungkapkan bahwa di antara lima negara utama di ASEAN, Indonesia memiliki persentase penduduk wirausahawan terkecil, hanya sekitar 3,47 persen dari total 271 juta penduduk.

Sementara itu, kuota kebutuhan pegawai di pemerintahan hanya mencapai 700.000 orang, meskipun Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara.

Audy menyoroti relevansi fakta bahwa di era teknologi 4.0 saat ini, peluang bisnis semakin mudah ditemukan, dan kunci kesuksesan terletak pada kemampuan memanfaatkan teknologi dan memperluas jaringan. Menurutnya, networking juga merupakan modal penting dalam dunia wirausaha.

Dalam sambutannya kepada mahasiswa, Wagub Audy menekankan bahwa semakin terbukanya peluang berwirausaha bagi generasi milenial di era teknologi 4.0 akan membawa peningkatan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat secara umum.

Dengan upaya pemerintah dan perubahan mindset di kalangan lulusan perguruan tinggi, diharapkan dapat tercipta perubahan positif dalam menanggulangi ketidakseimbangan antara jumlah lulusan dan lapangan kerja yang tersedia.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait