Mewujudkan Kemajuan, Tantangan dan Harapan di Kecamatan Pangkalan Koto Baru

TOPSUMBAR – Bupati Safaruddin menegaskan bahwa seorang Camat adalah perwakilan Kepala Daerah di wilayah kecamatan yang diberi kewenangan oleh Bupati untuk mengkoordinasikan urusan pemberdayaan masyarakat, menjaga ketertiban umum, serta mengawasi penerapan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah.

“Selain itu, Camat bertanggung jawab dalam mengawasi pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum, serta mengkoordinasikan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di kecamatan,” ujar Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, setelah menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Camat Pangkalan dari Gusni Hendrix kepada Faizil Aziz, serta pelantikan dan Sertijab Ketua TP-PKK Pangkalan dari Ny. Nycke Gusni Hendrix kepada Ny. Nofira Faizil Aziz di Aula Mess Pemda Pangkalan, pada hari Rabu, 08 November 2023.

Turut hadir dalam Sertijab tersebut, Ketua TP PKK Ny. Nevi Safaruddin, anggota Forkopimca, Wali Nagari se-Kecamatan Pangkalan, dan sejumlah tokoh masyarakat Pangakalan.

Bacaan Lainnya

Dalam bagian lain pidatonya, Bupati Safaruddin meminta kepada Camat untuk menjalin hubungan yang baik, berkoordinasi, serta berkolaborasi dengan lembaga dan instansi di tingkat kecamatan, LKAAM, Bundo Kanduang, tokoh masyarakat, dan perantau, guna mempermudah pelaksanaan tugas Camat dalam memastikan peningkatan manajemen pelayanan publik yang berkualitas, efektif, dan efisien di wilayah kecamatan.

Ia juga menyatakan bahwa hal lain yang perlu diperhatikan oleh Camat Pangkalan adalah kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap bencana, mengingat Kecamatan Pangkalan merupakan salah satu wilayah yang rawan terhadap banjir dan tanah longsor.

Bupati juga mengingatkan Camat Pangkalan untuk mengembangkan potensi pariwisata di Nagari serta melestarikan adat istiadat dan budaya nagari.

Ia juga menambahkan bahwa selain dari penanganan stunting di Kecamatan, kami berharap seluruh potensi di Kecamatan Pangkalan dapat dimaksimalkan oleh Camat dalam upaya memajukan Kecamatan Pangkalan.

“Terimakasih kepada Camat Gusni Hendrix atas dedikasinya selama kurang lebih 14 bulan. Selamat kepada Bapak Faizil Aziz yang dipercayakan untuk menjadi Camat, semoga mampu membangun sinergitas dan integritas untuk mewujudkan kemajuan Kecamatan Pangkalan Koto Baru,” tutup Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota, Nevi Safaruddin, dalam berbagai kesempatan menyampaikan bahwa PKK melalui 10 program utamanya adalah mitra strategis pemerintah dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Ada 3 program prioritas PKK hingga 2024, yaitu penanganan Covid-19 yang telah berhasil dilaksanakan, peningkatan ekonomi, dan penanganan stunting. Kami berharap kolaborasi dari Ketua TP PKK beserta jajarannya untuk bekerja sama dalam mensukseskan 10 program utama PKK dengan dukungan penuh dari Camat,” ucapnya

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait