Memperingati HUT IBI ke-72, Menguatkan Peran Bidan untuk Kesehatan Ibu dan Anak di Limapuluh Kota

TOPSUMBAR – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) memegang peran yang sangat vital dalam mencapai pelayanan kesehatan yang berkualitas, khususnya dalam konteks kehamilan, persalinan, serta peningkatan kesehatan dan gizi ibu dan anak. IBI juga berperan penting dalam meningkatkan martabat dan posisi sosial mereka di masyarakat.

Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 IBI, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, menekankan pentingnya perkembangan dan inovasi bagi IBI.

Dalam sambutannya pada acara puncak peringatan HUT IBI di Aula Dinas Kesehatan pada Minggu, 19 November 2023, Bupati mengajak untuk tetap bersinergi dan menjaga kekompakan yang telah terbangun.

Bacaan Lainnya

Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Ny. Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, dan ketua-ketua organisasi profesi kesehatan di Limapuluh Kota.

Dengan tema “Satukan Langkah dalam Transformasi Kesehatan untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkelanjutan,” acara tersebut dimeriahkan oleh penampilan anggota IBI dan seminar yang membahas membangun serta menjaga citra positif melalui personal branding.

Bupati menyoroti peran strategis IBI dalam pembinaan bidan untuk melayani dan membangun kesehatan ibu dan anak, serta mengurangi angka stunting di Limapuluh Kota.

Ia mendorong bidan untuk aktif berpartisipasi di tengah masyarakat guna menciptakan kesehatan ibu dan anak yang unggul dan berkualitas.

Lebih lanjut, Bupati menekankan perlunya peningkatan kualitas kinerja bidan melalui seminar dan workshop kebidanan serta kesehatan.

Harapannya, dengan kinerja yang prima, seorang bidan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, yang pada akhirnya dapat mengurangi angka stunting, kematian ibu, dan bayi.

Ketua IBI Limapuluh Kota, Wilda Reflita, dalam laporannya menegaskan bahwa peringatan HUT IBI tidak sekadar mencermati pencapaian organisasi, tetapi juga mengukur sejauh mana kekompakan seluruh bidan di Kabupaten Limapuluh Kota dalam berkontribusi menurunkan angka kematian ibu dan anak serta stunting.

“Peringatan HUT IBI bukan hanya langkah untuk mengevaluasi kemajuan organisasi, melainkan juga tolak ukur dalam memberikan pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Wilda juga mengajak rekan sejawat untuk bersatu, berkolaborasi, berkomunikasi, saling mendukung, bergandeng tangan erat, dan menjaga kekompakan demi memberikan pelayanan kesehatan optimal di Kabupaten Limapuluh Kota.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait