Inovasi Transparansi, Pengenalan Aplikasi Sikadeka dalam Pengelolaan Dana Kampanye

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat telah sukses menggelar acara Sosialisasi Dana Kampanye dan Pengenalan Aplikasi Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (Sikadeka) Pemilu 2024, khusus untuk partai politik di wilayah mereka.

Dalam acara yang diikuti oleh operator dari 15 partai politik yang berpartisipasi dalam pemilu di Pessel, Ketua KPU Pessel, Aswandi, menekankan pentingnya fokus dalam kegiatan sosialisasi ini dan menyatakan rasa harapannya bahwa acara tersebut akan memberikan manfaat besar bagi partai politik.

Syafrijal Chan, anggota Divisi Teknis KPU Pessel, menambahkan bahwa tujuan utama sosialisasi ini adalah memperkenalkan aplikasi Sikadeka kepada partai politik.

Bacaan Lainnya

Operator diharapkan dapat memahami cara mengisi fitur-fitur dalam aplikasi tersebut serta menyiapkan segala yang diperlukan saat mengaksesnya.

Chan juga menyoroti manfaat Sikadeka dalam memudahkan partai politik melaporkan dana kampanye, mulai dari tahap awal penerimaan hingga proses audit.

Ia menegaskan bahwa Sikadeka menjadi sarana penting bagi partai politik dalam pelaporan dana kampanye mereka.

Rahmad, anggota Divisi Parmas KPU Pessel, menekankan kewajiban partai politik untuk menugaskan satu orang sebagai penghubung dalam penggunaan aplikasi Sikadeka.

Tugas penghubung tersebut adalah berkoordinasi dengan KPU, terutama bidang help desk, jika terjadi kendala dalam pengisian aplikasi.

Harapannya, dengan bantuan aplikasi Sikadeka, pelaksanaan pemilu di Pessel dapat berjalan dengan lancar dan transparan, mempermudah partai politik dalam melaporkan dana kampanye mereka.

(019)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait