Anggota DPRD Sumbar, Hidayat Dorong Penguatan Kebencanaan melalui Pelatihan Jurnalistik di Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Hidayat, anggota DPRD Sumatera Barat dari Fraksi Partai Gerindra, dengan tegas menyatakan bahwa peran media memiliki dampak strategis dalam mendukung pertumbuhan berbagai sektor, termasuk penanggulangan bencana.

Oleh karena itu, penguatan peran kebencanaan di kalangan jurnalis sangat penting, terutama di Sumatera Barat yang seringkali menjadi fokus bencana.

Dalam pembukaan Pelatihan Relawan Kebencanaan Zonasi Kota Padang (Jurnalistik Kebencanaan) pada Kamis 16 November 2023 di Axana Hotel Padang, Hidayat, yang juga menjabat sebagai anggota Komisi V DPRD Sumatera Barat, menyoroti pentingnya peran media dalam mempercepat sosialisasi, publikasi, dan penyebaran informasi terkait bencana kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dia juga menekankan perlunya implementasi konsep pentahelix dalam konteks media agar informasi yang disampaikan dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

Menanggapi status Sumatera Barat sebagai etalase bencana, Hidayat memaparkan perlunya peningkatan kegiatan edukasi kebencanaan di masyarakat sebagai upaya konkret dalam mengurangi risiko saat bencana terjadi.

Dia juga menekankan bahwa pemahaman kebencanaan di kalangan jurnalis perlu diperkuat secara berkelanjutan, bukan hanya melalui pokir, dengan mengalokasikan anggaran pokir untuk mendukung pelatihan semacam itu.

Sebelumnya, dalam Bimtek Jurnalistik Kebencanaan, Fajar Sukma, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat, menyampaikan bahwa Sumatera Barat memerlukan dukungan besar dari berbagai pihak karena merupakan daerah yang rentan terhadap berbagai jenis bencana.

“Ada 7 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat yang terancam megathrust, termasuk ancaman dari 8 sesar semangko. Selain itu, terdapat ancaman gelombang tsunami, banjir, dan longsor. Sumatera Barat termasuk dalam kategori daerah dengan risiko bencana yang tinggi,” ungkap Fajar.

Dia menambahkan bahwa BPBD Sumatera Barat secara aktif melakukan sosialisasi dan pelatihan kebencanaan, serta penanganan pascabencana, sebagai langkah preventif dan mitigasi risiko bencana.

Dalam penutupannya, Fajar berharap kegiatan semacam ini dapat diadakan secara rutin dengan dukungan berbagai pihak untuk memastikan kesinambungan upaya pencegahan dan mitigasi bencana.

Puluhan jurnalis yang hadir di Kota Padang diharapkan dapat memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini dalam melaporkan isu-isu kebencanaan dengan lebih akurat dan mendalam.

(FKS)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait