Gubernur Sumbar Luncurkan Program Nagari Generasi Emas, Siapkan Generasi Unggul

TOPSUMBAR –  Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, memimpin upaya bersama untuk mewujudkan “Generasi Emas” Indonesia yang sehat dan cerdas.

Ajakan ini disampaikan dalam peluncuran Program Nagari Generasi Emas dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Hotel Pangeran Beach Padang pada Minggu 12 November 2023.

Mahyeldi menyatakan bahwa kesehatan dan kecerdasan menjadi kunci utama bagi tercapainya masa keemasan bagi bangsa ini. Ia menekankan bahwa bonus demografi yang dimiliki saat ini perlu dimanfaatkan dengan baik, untuk menghindari dampak negatif seperti kemiskinan, rendahnya kualitas kesehatan, pengangguran, dan peningkatan tingkat kriminalitas.

Bacaan Lainnya

Gubernur yakin bahwa Program Nagari Generasi Emas memiliki potensi besar untuk menciptakan perubahan signifikan. Tujuan program ini adalah agar anak-anak di Sumbar dapat tumbuh menjadi individu yang sehat, mandiri, dan inovatif.

Indonesia memiliki keunggulan dengan jumlah penduduk usia produktif yang dominan, dan Mahyeldi menekankan perlunya persiapan agar generasi ini mampu membawa Indonesia menuju masa keemasan pada tahun 2045.

“Generasi ini akan menjadi pilar keemasan bagi Indonesia, asalkan kita mampu mempersiapkannya menjadi manusia yang unggul—cerdas, kompeten, tangguh, dan berdaya saing tinggi. Oleh karena itu, kita menyebut mereka sebagai ‘Generasi Emas’,” tambah Gubernur.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, dr. Lila Yanwar, MARS, juga menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Sumbar untuk turun ke setiap nagari guna memeriksa dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Dalam upaya ini, pihaknya akan melibatkan organisasi profesi, masyarakat, dan sektor swasta sebagai kontribusi bersama dalam pembangunan kesehatan. Hal ini diharapkan dapat mengidentifikasi secara spesifik masalah kesehatan calon Generasi Emas, memungkinkan intervensi yang tepat dan terarah.

“Melalui program ini, masalah kesehatan calon Generasi Emas dapat diketahui secara detail, sehingga intervensi dapat dilakukan dengan spesifik,” terangnya.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait