Gubernur Sumbar Dorong Kolaborasi Strategis, Pertemuan Sukses Antara PT. Jamkrida Sumbar dan PT. BSI

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) tengah giat berupaya mendorong pengembangan usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di wilayahnya.

Pada Jumat 17 November 2023, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, memfasilitasi pertemuan antara manajemen PT. Jamkrida Sumbar dan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kantor Pusat BSI, Gedung The Tower, Jakarta.

Gubernur Mahyeldi menyampaikan tujuan fasilitasi ini adalah untuk memungkinkan kedua belah pihak dapat berkomunikasi dan membahas potensi kerjasama dalam pengembangan usaha.

Bacaan Lainnya

Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Sumbar.

“Kita melihat adanya kesamaan visi antara kedua belah pihak, yakni keduanya memiliki tujuan memudahkan akses permodalan bagi UMKM. Oleh karena itu, hari ini kita coba fasilitasi komunikasi mereka agar dapat berdampak positif terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Sumbar. Alhamdulillah, hasilnya cukup positif,” ucap Gubernur Sumbar.

Gubernur Mahyeldi berharap agar kerjasama antara kedua belah pihak dapat segera terwujud sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Sumbar secara luas.

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Utama PT. Jamkrida Sumbar, Ibnu Fadhli, menjelaskan bahwa suasana pertemuan berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan.

Kedua belah pihak dengan antusias menyampaikan program-program unggulan yang berpotensi untuk kerjasama. Kesepahaman dalam beberapa hal telah terlihat secara lisan dan berpotensi untuk diperkuat secara tertulis.

“Kita optimis ini akan berhasil. Dari pembicaraan lisan, kita melihat banyak hal yang bisa dikerjasamakan. Signal itu semakin kuat setelah pihak BSI menyatakan niatnya untuk datang ke Sumbar dalam waktu dekat untuk menindaklanjuti pertemuan ini,” ungkap Ibnu Fadhli.

Ibnu Fadhli menegaskan bahwa salah satu poin kesepakatan dari pertemuan tersebut adalah persiapan penyusunan draf teknis pelaksanaan kerjasama. Apabila tidak ada kendala, besar kemungkinan draf tersebut akan segera ditingkatkan statusnya menjadi perjanjian kerjasama.

Rencana kerjasama yang tengah dijajaki antara PT. Jamkrida Sumbar dan PT. BSI melibatkan penjaminan seluruh pembiayaan yang disalurkan oleh BSI di Sumbar, termasuk pembiayaan UMKM, pembiayaan KUR, penjaminan Kontran Bank Garansi, dan penjaminan pembiayaan konsumtif.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh sejumlah petinggi PT. BSI, seperti Wadirut PT. BSI Bob T. Ananta, Direktur Retail Banking BSI Ngatari, Group Head Institutional Banking Group Ida Triana W, Area Manager BSI Padang Agung, Kepala Cabang BSI Padang Bambang Frasetya, dan Arief Hidayat sebagai salah satu manager Area BSI Padang.

Dari jajaran Pemprov Sumbar, turut hadir Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumbar, Ria Wijayanti, dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Sumbar, Mursalim.

(adpsb)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait