Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Sinergi dan Inovasi Pendidian Sumbar Dapat Pengakuan Nasional

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, kembali mendapat pengakuan nasional dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Pada acara Anugerah Kihajar 2023 di Jakarta, Sumbar berhasil meraih dua penghargaan pada Jumat 17 November 2023.

Penghargaan pertama diberikan atas keberhasilan menjalin sinergi dalam penyelenggaraan pendidikan dengan Kemendikbudristek (kategori STEM Kihajar), sedangkan penghargaan kedua terkait optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam urusan pendidikan (Belajar.id).

Sekjen Kemendikbudristek, Suharti, bersama Kepala Pusdatin Kemendikbudriatek, Muhammad Hasan Chabibie, menyerahkan penghargaan tersebut kepada Gubernur Mahyeldi dalam acara Anugerah Ki Hajar 2023.

Bacaan Lainnya

Mahyeldi menyatakan kebanggaannya atas prestasi ini, menandakan bahwa ekosistem pendidikan di Sumbar telah mengikuti arah yang tepat.

“Apa yang kita terima malam ini adalah hasil dari kerja keras seluruh masyarakat, terutama ekosistem pendidikan di Sumbar. Terima kasih dan Alhamdulillah,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Mahyeldi juga menyatakan kebanggaannya karena upayanya bersama seluruh pihak terkait dalam sektor pendidikan berhasil mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

Suharti menjelaskan bahwa Anugerah Kihajar 2023 adalah bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mempercepat transformasi digital sektor pendidikan di Indonesia melalui sinergi dengan Pemerintah Daerah.

Literasi digital kini menjadi keharusan bagi pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia, sejalan dengan tema kegiatan ini, yaitu “menguatkan ekosistem digital pendidikan untuk mewujudkan merdeka belajar.”

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Hasan Chabibie menjelaskan bahwa penghargaan diberikan kepada tiga objek sasaran, yakni tenaga pendidik, peserta didik, dan pimpinan daerah yang berkontribusi besar untuk sektor pendidikan.

Penghargaan sinergi terbaik dalam penyelenggaraan pendidikan atau Kategori Kihajar STEM Tahun 2023 diberikan kepada Provinsi Sumatera Barat, Jambi, dan DKI Jakarta.

Sedangkan penghargaan untuk daerah yang berhasil mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam sektor pendidikan atau Kategori Jawara Belajar.id diberikan kepada Provinsi Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Lampung, Bali, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Kalimantan Selatan.

(adpsb)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait