Gubernur Mahyeldi Ansharullah Buka Rakor KDEKS Sumbar untuk Maksimalkan Potensi Ekonomi Syariah

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumbar Tahun 2023 pada Rabu 8 November 2023.

Gubernur menyatakan bahwa ekonomi dan keuangan syariah telah menjadi pilar pertumbuhan ekonomi baru yang akan terus diperkuat kontribusinya untuk mewujudkan Sumbar sebagai pusat industri halal di Indonesia.

Dalam sambutannya di Auditorium Gubernuran, Gubernur Mahyeldi menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Sumbar juga dipengaruhi oleh kolaborasi program kegiatan KDEKS dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta dukungan dari Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Bacaan Lainnya

Beliau menyatakan bahwa sesuai dengan arahan Bapak Wapres, Sumbar diharapkan menjadi pusat industri halal di Indonesia mengingat mayoritas penduduk kita adalah muslim, dan nilai-nilai lokal kita mengedepankan adat basandi syarak – syarak basandi kitabullah (ABS-SBK), serta produksi kuliner, fashion, pariwisata, serta produk UMKM halal.

Gubernur juga mencatat bahwa secara global, terlihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah, terutama dalam hal gaya hidup halal, makanan dan minuman halal, pakaian muslim, pariwisata halal, kosmetik, obat-obatan halal, dan sebagainya.

Ia juga menambahkan bahwa ini menunjukkan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta gaya hidup halal, menjadi sorotan banyak negara sebagai elemen penting dalam membangun sumber pertumbuhan baru untuk mendukung ekonomi berkelanjutan.

Lebih lanjut, Gubernur mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia sedang mempersiapkan diri, dengan hadirnya sekitar 24 KDEKS di berbagai provinsi, di mana KDEKS Sumbar menjadi pelopor dalam mendorong percepatan kontribusi ekonomi dan keuangan syariah.

Selain itu, pemerintah telah mengeluarkan Permendagri Nomor 15 Tahun 2023 tentang pedoman penyusunan APBD yang juga mencakup panduan terkait alokasi anggaran untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Kami berharap Sumbar dapat terus memimpin dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, dan menjadi pusat pengembangan industri halal di Indonesia, sesuai harapan Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin,” tutup Gubernur dalam sambutannya.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait